Multiplier Effect pedagang kaki lima di sekitar UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Studi Cross Check sertifikasi halal dan etika bisnis Islam sebagai Additional Value

Hanifah, Salma (2023) Multiplier Effect pedagang kaki lima di sekitar UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Studi Cross Check sertifikasi halal dan etika bisnis Islam sebagai Additional Value. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan suatu aktivitas perguruan tinggi pada suatu kawasan umumnya akan diikuti oleh berkembangnya aktivitas lain sebagai aktivitas pendukung. Salah satu contoh aktivitas pendukung adalah munculnya kegiatan perdagangan dan jasa yang berkaitan dengan aktivitas kampus. Pedagang Kaki Lima merupakan katup pengaman penyediaan lapangan pekerjaan. Oleh karena itu diharapkan dengan keberadaan UIN Sunan Gunung Djati dapat memacu peningkatan pendapatan Pedagang Kaki Lima dan dapat meminimalisir pengangguran yang ada. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui berapa besar Income Generation dan Employment Generation Pedagang Kaki Lima di Sekitar UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian analisis deskriptif dan naratif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan penulis adalah data primer dan data sekunder. Dengan metode penelitian ini penulis melakukan observasi setelah itu melakukan wawancara kepada para Pedagang Kaki Lima di Sekitar UIN Sunan Gunung Djati Bandung lalu menyebar kuesioner kepada mahasiswa. Didukung dengan data sekunder seperti data-data dan buku-buku yang berkaitan dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini, income generation yang didapat adalah sebesar 1,04 yakni lebih dari satu, artinya dengan adanya kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung mempengaruhi pendapatan PKL di sekitarnya dan salah satu yang meningkatkan pendapatan PKL adalah kepemilikan sertifikasi halal dan adanya penerapan etika bisnis islam. Selain itu, perhitungan employment generation dilakukan dengan membagi jumlah serapan tenaga kerja dengan expenditure yang hasilnya setiap 1 rupiah yang dikeluarkan oleh wisatawan (mahasiswa) akan memberikan dampak sebesar 1,71352075e-5 tenaga kerja. Jadi, semisal untuk setiap Rp1.000.000 yang dikeluarkan oleh konsumen dalam hal ini (mahasiswa) yang berkunjung atau berbelanja akan mempengaruhi employment multiplier dari yang tadinya 1,71352075e-5 menjadi sebesar 17,13 yang apabila dibulatkan adalah 17 orang tenaga kerja baru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Multiplier Effect; Pedagang Kaki Lima; Perguruan Tinggi
Subjects: Econmics > Economic Situation and Conditions
Econmics > Economic Geography by Specific Localities
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Salma Hanifah
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:24
Last Modified: 21 Jul 2023 04:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71688

Actions (login required)

View Item View Item