Pengaruh Gross Profit Margin (GPM) dan Return On Equity (ROE) Terhadap Stock Price (SP) Pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) (Studi di PT. Ace Hardware Indonesia Tbk Periode 2010-2022)

Rachman, Dila Apriliani (2023) Pengaruh Gross Profit Margin (GPM) dan Return On Equity (ROE) Terhadap Stock Price (SP) Pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) (Studi di PT. Ace Hardware Indonesia Tbk Periode 2010-2022). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan modal bagi perusahaan untuk menunjang operasional perusahaan agar menghasilkan keuntungan (return) yang diharapkan. Maka dari itu perusahaan membutuhkan para investor untuk memenuhi keperluan modal. Perusahaan ritel cukup menarik perhatian investor untuk berinvestasi karena dengan melihat laporan keuangan dapat mengetahui harga saham (stock price) serta faktor yang dapat mempengaruhi harga saham (stock price) yaitu Gross Profit Margin (GPM) dan Return On Equity (ROE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Gross Profit Margin (GPM) secara parsial terhadap Stock Price (SP), untuk mengetahui bagaimana pengaruh Return On Equity (ROE) secara parsial terhadap Stock Price (SP), dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Gross Profit Margin (GPM) dan Return On Equity (ROE) secara simultan terhadap Stock Price (SP) pada PT. Ace Hardware Indonesia Tbk. Periode 2010-2022. Kerangka berpikir penelitian ini didasarkan pada teori Muhammad Fahmi (2020) yang menyatakan bahwa Gross Profit Margin (GPM) dan Return On Equity (ROE) berpengaruh positif terhadap Stock Price (SP). Artinya apabila Gross Profit Margin (GPM) dan Return On Equity (ROE) sebagai variabel independen mengalami kenaikan maka Stock Price (SP) yang berlaku sebagai variabel dependen akan mengalami kenaikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis asum si klasik dan analisis uji asosiatif (analisis regresi linier, analisis korelasi, analisis determinasi, uji hipotesis (uji t dan uji f)). Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yaitu dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan oleh PT. Ace Hardware Indonesia Tbk. Periode 2010-2022. Pengolahan data yang dilakukan secara manual serta menggunakan bantuan program SPSS version 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gross Profit Margin (GPM) secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Stock Price (SP) dengan hasil koefisien determinasi sebesar 56,7%. Secara parsial Return On Equity (ROE) tidak berpengaruh signifikan terhadap Stock Price (SP) dengan hasil koefisien determinasi sebesar 0,01%. Sedangkan secara simultan (bersama-sama) Gross Profit Margin (GPM) dan Return On Equity (ROE) berpengaruh signifikan terhadap Stock Price (SP) dengan hasil koefisien determinasi sebesar 58,2% dan sisanya 42,8% yang dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Hasil ini terbukti sesuai dengan akad ekonomi islam dan manajemen keuangan syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gross Profit Margin; Return On Equity; dan Stock Price
Subjects: Financial Economics, Finance > Investment
General Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Dila Apriliani Rachman
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:35
Last Modified: 20 Jul 2023 07:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71693

Actions (login required)

View Item View Item