Bimbingan rohani Islam melalui pendekatan keagamaan untuk siswa kecanduan Game Online: Penelitian di SMP Negeri 1 Jasinga Jalan Raya Pamagersari, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor

Nurhuda, Leni Anggraeni (2023) Bimbingan rohani Islam melalui pendekatan keagamaan untuk siswa kecanduan Game Online: Penelitian di SMP Negeri 1 Jasinga Jalan Raya Pamagersari, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Ketergantungan pada game online dikatakan sebagai perilaku yang berlangsung secara menerus dan memaksa, di mana seseorang memiliki obsesi yang kuat terhadap permainan yang dimainkan melalui internet, sehingga menyebabkan gangguan dalam aktivitas sehari-hari mereka. Dampak negatif dari game online menyebabkan masalah bagi para pemain yang sulit mengendalikan dan mengatur diri mereka. Oleh karena itu, bimbingan rohani Islam dan pendekatan keagamaan diadakan agar dampat mengatasi permasalahan kecanduan game online pada siswa. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: (1) Untuk mengetahui bagaimana kondisi kecanduan game online siswa; (2) Untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan bimbingan rohani Islam untuk siswa yang kecanduan game online; (3) Untuk mengetahui bagaimana hasil bimbingan rohani dengan pendekatan keagamaan siswa kecamduan game online di SMP Negeri 1 Jasinga Kabupaten Bogor. Metode serta teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan secara triangulasi (gabungan) yang terdiri dari observasi, wawancara langsung, wawancara tertulis dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan spiritual sangat mempengaruhi tingkat penurunan kecanduan game online pada siswa. Bimbingan spiritual melalui cara yang positif, inklusif, dan dengan pendekatan berbasis nilai- nilai Islam. Hal ini berkaitan dengan kesadaran siswa bahwa hidup sesuai dengan keagamaan itu memang penting, dari pada menghabiskan watu dengan hal-hal yang kurang bermanfaat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan rohani Islam; Game online; Pendekatan keagamaan.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Leni Leni Anggraeni Leni Anggraeni
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:28
Last Modified: 21 Jul 2023 01:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71720

Actions (login required)

View Item View Item