Dakwah Virtual melalui konten Tiktok : Studi etnografi Virtual akun @hafiiddddd

Amalia, Gina (2023) Dakwah Virtual melalui konten Tiktok : Studi etnografi Virtual akun @hafiiddddd. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTAK)
2_abstrak.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (986kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi dan komunikasi mempengaruhi perubahan dalam kehidupan sosial seperti halnya pada struktur dan pola interaksi manusia. Media sosial menjadi salah satu ruang perubahan intraksional dalam kehidupan masyarakat. Di media sosial dilakukan melalui proses komunikasi yang bersifat virtual dengan adanya koneksi jejaring internet. Salah satu media sosial yang perkembangannya cukup signifikan dalam kehidupan masyarakat sekarang adalah tiktok. Tiktok digunakan dalam konteks perspektif dakwah sebagai media tiktok yang banyak dimanfaatkan sebagai media dakwah. Akun tiktok @hafiiddddd salah satu akun yang menyebarkan pesan dakwah di media sosial, melalui konten-konten dakwah yang melahirkan suatu budaya baru dan media baru yang dapat digunakan untuk berdakwah di ruang siber. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis bagaimana struktur komunikasi virtual pada konten tiktok akun @hafiiddddd dan mencari bagaimana bentuk interaksi yang terjadi pada konten tiktok akun @hafiiddddd. Analisis ini dilakukan dengan merujuk kepada teori realitas sosial-siber oleh Stine Gotved pada tahun 2006 dan teori interaksi simbolik oleh Herbert Blumer pada tahun 1900-1987. Kedua teori ini dianggap penulis sebagai teori yang relevan digunakan dalam penelitian mencari suatu aktivitas yang terjadi pada dunia virtual. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode etnografi virtual dengan analisis media siber. Hal ini menjadi penting karena membahas tentang aspek-aspek sosial hasil dari interaksi suatu kelompok yang menjadikan terjadinya suatu realitas juga melibatkan teknologi canggih berupa internet. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa struktur komunikasi virtual dalam akun @hafiiddddd dapat dilihat pada empat level. Level ruang media ada pada media sosial tiktok, level dokumen media yaitu unggahan video konten akun tiktok @hafiiddddd yang melahirkan budaya didalamnya, level objek media berupa like atau komentar, dan level pengalaman yang mana pengaplikasian dari unggahan dari akun tiktok @hafiiddddd. Sedangkan bentuk interaksinya dapat dilihat dari lima konsep, konsep diri dilihat dari motivasi atas kehendaknya dalam berinteraksi. Konsep perbuatan ialah unggahan konten video @hafiiddddd. Konsep objek yaitu akun tiktok @hafiiddddd tempat terjadinya interaksi. Konsep interaksi sosial dilihat dari like, komentar, share pada setiap postingan, dan konsep tindakan bersama ialah penyelarasian dari hasil suatu interaksi. Dan menyatakan bahwa pada akun tiktok @hafiiddddd quotes sebagai bentuk struktur komunikasi virtual materi konten dakwah didasarkan pada realitas sosial dengan menggunakan daily activity, dan proses engagement sebagai bentuk interaksi virtual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: dakwah; etnografi virtual; media sosial; tiktok
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Gina Amalia
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:27
Last Modified: 21 Jul 2023 07:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71743

Actions (login required)

View Item View Item