Avrianti, Lerian (2023) Kampanye Public Relations dalam sosialisasi program Mobil Aspirasi Kampung Juara (MASKARA). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (352kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (867kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
Abstract
Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat merupakan lembaga pemerintahan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pembinaan pemerintahan desa/kelurahan, meningkatkan Infrastruktur pedesaan, meningkatkan perekonomian masyarakat kurang mampu serta meningkatkan kapasitas kelembagaan dan partisipasi masyarakat. DPM Desa Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan kampanye public relations dalam sosialisasi program Maskara yang bertujuan untuk memberikan sosialisasi, edukasi, penjelasan serta pemahaman, dan membangkitkan minat membangun desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses kampanye public relations yang dilakukan oleh DPM Desa Provinsi Jawa Barat, dimulai dari identifikasi masalah, pengelolaan kampanye yang didalamnya terdapat kegiatan perencanaan dan pelaksanaan, hingga pada tahap evaluasi kampanye. Penelitian ini menggunakan model kampanye dari Leon Ostergaard dengan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan proses kampanye public relations dalam sosialisasi program Maskara, paradigma yang digunakan yaitu paradigma konstruktivisme, dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kampanye public relations dalam sosialisasi program Maskara di DPM Desa Provinsi Jawa Barat telah melalui tiga tahap. 1) tahap identifikasi masalah yaitu untuk merealisasikan visi misi Pemerintahan jawa Barat Periode 2018-2023 dan menindaklanjuti permasalahan pembangunan dan mobilitas di Jawa Barat. 2) tahap pengelolaan kampanye yang didalamnya terdapat perencanaan dan pelaksanaan. Proses perencanaan terbagi menjadi 5 yaitu: menetapkan tujuan kampanye agar masyarakat bisa mengetahui akan adanya program Maskara, menetapkan publik sasaran agar tepat sasaran, menetapkan pesan kampanye yang difokuskan untuk memberikan informasi, edukasi seputar program maskara serta pesan ajakan agar masyarakat desa semangat untuk membangun desa, menetapkan pelaku kampanye yaitu seluruh pegawai DPM Desa Provinsi Jawa Barat dan pelaku pembantu yaitu dinas kabupaten/kota, menetapkan media kampanye melalui media massa dan media sosial. Proses pelaksanaan terbagi menjadi dua yaitu: sosialisasi secara langsung melalui kegiatan forum OPD, kunjungan desa-desa dan acara Jambore Maskara dan sosialisasi secara tidak langsung melalui media sosial Instagram, facebook, dan Youtube dan media massa melalui stasiun televisi. 3) Tahap evaluasi dikategorikan menjadi dua proses yaitu: proses evaluasi melalui monitoring berdasarkan data yang diperoleh dengan melihat perkembangan strata desa di Jawa Barat dan proses evaluasi menggunakan metode sampling dengan evaluasi ke desa-desa penerima Maskara.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kampanye public relations; sosialisasi; program; |
Subjects: | Political Process Political Process > Campaigns and Parties in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Lerian Avrianti |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 00:50 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 00:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71745 |
Actions (login required)
View Item |