Pengaruh Debt to Asset Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Return on Asset Pada Perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk periode 2012-2021

Atiyyah, Dwi Nova (2023) Pengaruh Debt to Asset Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Return on Asset Pada Perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Text (COVER).pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Text (ABSTRAK).pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Text (DAFTAR ISI).pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Text (BAB I) .pdf

Download (700kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Text (BAB II).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Text (BAB III).pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Text (BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
Text (BAB V).pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Text (DAFTAR PUSTAKA).pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan perusahaan untuk meningkatkan keuntungan. Perusahaan yang mampu mengelola sumber daya yang dimiliki secara efektif serta efisien akan mampu juga menghasilkan laba yang tinggi dan maksimal untuk kebutuhan operasional perusahaannya. Rasio Return on Asset dapat mengukur efektivitas perusahaan dalam menghasilkan laba dengan memafaatkan aktiva secara menyeluruh. Laporan keuangan yang baik, dapat menarik para investor untuk menanamkan modalnya. Dengan melihat laporan keuangan, dapat diketahui Return on Asset (ROA) serta faktor yang dapat mempengaruhi yaitu, Debt to Asset Ratio dan Debt to Equity Ratio (DER). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) secara parsial terhadap Return on Asset (ROA), untuk mengetahui bagaimana pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap Return on Asset (ROA), serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan terhadap Return on Asset (ROA) pada PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk, Periode 2012-2021. Kerangka pemikiran pada penelitian ini yaitu Debt to Asset Ratio (DAR) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh negatif terhadap Return on Asset (ROA), dimana apabila kedua variabel tersebut mengalami kenaikan maka dapat menurunkan tingkat Return on Asset (ROA) dan begitu pun sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif, analisis asumsi klasik, analisis asosiatif, dan analisis uji hipotesis yaitu uji t dan uji f. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder dari laporan keuangan tahunan dari PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk pada Periode 2012-2021. Pada penelitian ini, pengolahan data menggunakan program SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial DAR berpengaruh tidak signifikan terhadap ROA dengan nilai t hitung < t tabel yaitu (-0,167 < 2,306) dan nilai signifikansi 0,872 > 0,05. DER secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap ROA, dengan nilai t hitung dan t tabel yaitu (-0,416 < 2,306) dan nilai signifikansi 0,690 > 0,05. Dan untuk hasil penelitian secara simultan adalah DAR dan DER berpengaruh tidak signifikan terhadap ROA, dengan nilai F hitung dan F tabel yaitu 0,322 < 4,74 dan nilai signifikansi 0,735 > 0,05. Besarnya nilai koefisien determinasi adalah 6,2% dan sisanya 93,8% dijelaskan variabel lain yang tidak terdapat dalam model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt to Asset Ratio; Debt to Equity Ratio; Return on Asset.
Subjects: Financial Economics, Finance
Administration of Economy
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Dwi Nova Atiyyah
Date Deposited: 21 Jul 2023 05:35
Last Modified: 21 Jul 2023 05:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71821

Actions (login required)

View Item View Item