Evaluasi pendapatan asli daerah pada UPTD pengujian kendaraan bermotor DISHUBKOMINFO Kabupaten Tasikmalaya tahun anggaran 2021

Pratiwi, Annisa Ananda (2023) Evaluasi pendapatan asli daerah pada UPTD pengujian kendaraan bermotor DISHUBKOMINFO Kabupaten Tasikmalaya tahun anggaran 2021. Sarjana thesis, UIN Sunang Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy

Abstract

Retribusi daerah memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan pendapatan asli daerah guna mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan daerahnya. Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor menjadikan salah satu sumber pendapatan daerah di Kabupaten Tasikmalaya yang memiliki peran dalam mengelola program pembangunan serta kepentingan guna melaksanakan sistem pemerintah daerah. Kabupaten Tasikmalaya merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Barat. Saat ini mobilitas masyarakat yang terjadi di Kabupaten Tasikmalaya tergolong cukup tinggi. Dalam mendukung tersebut maka transportasi menjadi sarana penting untuk menunjang keberhasilan kesejahteraan daerahnya. Maka, di Kabupaten Tasikmalaya diperlukannya peningkatan pendapatan Aasli Daerah. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui Evaluasi pendapatan asli daerah pada Unit Pelaksanaan Teknis Daerah Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya Tahun Anggaran 2021 dengan menggunakan teori Evaluasi kebijakan dengan enal dimensi oleh William N. Dunn (2003) yaitu efektivitas, efisiensi, kecukupan, pemerataan, responsivitas, dan ketepatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lalu, data primer dan data sekunder diperoleh melalui Teknik pengumpulan data, meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian yang mengacu pada teori William N. Dunn (2003) bahwa evaluasi pendapatan asli daerah pada UPTD Pengujian kendaraan bermotor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya Tahun Anggaran 2021 dapat dikatakan belum baik, karena masih terdapat beberapa indikator dalam pelaksanaannya belum optimal. Terlihat bahwa realisasi retribusi pengujian kendaraan bermotor yang tidak mencapai target di tahun 2021 karena terpengaruh dari adanya Covid-19, pemerliharaan alat yang belum memadai karena membutuhkan biaya yang cukup besar, dan masih terdapat masyarakat kurang kesadaran akan pentingnya pengujian kendaraan bermotor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah; Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor; Evaluasi
Subjects: Administration of Economy
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Annisa Ananda Pratiwi
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:25
Last Modified: 21 Jul 2023 03:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71844

Actions (login required)

View Item View Item