Pengaruh Debt to Equity Ratio dan Total Asset Turnover terhadap Return on Equity pada perusahaan sektor property dan Real Estate yang trdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2012-2022

Artya, Khairunisa Shafa (2023) Pengaruh Debt to Equity Ratio dan Total Asset Turnover terhadap Return on Equity pada perusahaan sektor property dan Real Estate yang trdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2012-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tentang pengaruh Debt to Equity Ratio dan Total Asset Turnover terhadap Return on Equity pada Perusahaan Property dan Real Estate periode 2012-2022. Debt to Equity Ratio adalah rasio solvabilitas yang menjelaskan mengenai kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban jangka panjangnya menggunakan modal. Total Asset Turnover adalah rasio aktivitas yang digunakan untuk mengukur perputaran aset perusahaan. Aset merupakan hal penting dalam operasional perusahaan, ketika aset dikelola dengan efisisen maka laba meningkat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh Debt to Equity Ratio dan Total Asset Turnover terhadap Return on Equity baik secara parsial maupun simultan pada perusahaan sektor property dan real estate periode 2012-2022. Kerangka berpikir yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa adanya hubungan saling berpengaruh antara Debt to Equity Ratio terhadap Return on Equity dan Total Asset Turnover terhadap Return on Equity. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif Data yang digunakan merupakan data kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 3 dari 33 populasi perusahaan yang dipilih menggunakan purposive sampling. Menggunakan teknik analisis data yang meliputi analisis asumsi klasik, analisis deskriptif, regresi data panel menggunakan fixed effect model, uji koefisien determinasi serta uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji f. Pengelolaan data dibantu dengan Eviews 12. Hasil penelitian menunjukan Debt to Equity Ratio secara parsial tidak berpengaruh terhadap Return on Equity dengan nilai probabilitas sebesar 0,7409. Total Asset Turnover secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Return on Equity dengan nilai probabilitas sebesar 0,0000. Secara simultan Debt to Equity Ratio dan Total Asset Turnover berpengaruh signifikan terhadap Return on Equity dengan nilai probabilitas F-statistic sebesar 0,000017.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio (DER);Total Asset Turnover (TATO); Return on Equity (ROE);
Subjects: Financial Economics, Finance > Investment
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Khairunisa Shafa Artya
Date Deposited: 21 Jul 2023 05:12
Last Modified: 21 Jul 2023 05:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71857

Actions (login required)

View Item View Item