Dwitawati, Mega (2023) Bimbingan individu melalui metode Talaqqi untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al Quran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover (2)(1).pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (2).pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1 (2).pdf Download (655kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2 (2).pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3 (2).pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4 (2).pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka(2).pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
Abstract
Menghafal Alquran termasuk tugas yang paling mulia. Sehingga, tidak sedikit umat islam yang rela mengabadikan seumur hidupnya guna menjaga hafalan ayat-ayat Alquran, sebab keagungannya dalam kemuliaan yang Allah janjikan bagi para penghafal Alquran. Dalam menghafal Alquran pasti selalu merasakan bosan, terutama yang terjadi pada anak Sekolah Dasar yang dominan nya masih dalam masa kanak-kanak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui konsep, proses dan hasil dari bimbingan individu melalui metode talaqqi untuk meningkatkan kemampuan menghafal Alquran di SD Tahfidzul Qur’an Baitul Muttaqin Kota Bandung. Penelitian ini didasari oleh landasan pemikiran bahwa bimbingan individu adalah proses pemberian bantuan yang diberikan oleh pembimbing kepada peserta didik untuk membantu mengetahui karakteristik dirinya, baik terkait potensi maupun kesulitan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, dan wawancara secara langsung. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan analisis kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan individu di SD Tahfidzul Qur,an Baitul Muttaqin ini berjalan dengan efektif dan memberikan perubahan yang baik mengenai kemampuan dalam menghafal Alquran melalui metode talaqqi. Dengan adanya bimbingan individu secara intensif ada hasil yang di dapatkan yaitu terlihat dari perilaku murid yang semakin terarah dalam menghafal Alquran, lebih percaya diri dan tidak malas-malasan. Selain itu, belajar supaya dapat lebih dekat lagi dengan penciptanya dan akhlak mereka sehari-hari bisa menjadi cerminan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Individu; Metode Talaqqi; Menghafal Alquran; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Mega Dwitawati Mega |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 05:31 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 05:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71877 |
Actions (login required)
View Item |