Bimbingan kelompok melalui Living Values Education (LVE) dalam upaya penguatan ketahanan keluarga : Penelitian di Kampung Sakinah RW 10 Kelurahan Cipadung Kidul Kecamatan Panyileukan Kota Bandung.

Syam, Arini Sobri El-Hayatu (2023) Bimbingan kelompok melalui Living Values Education (LVE) dalam upaya penguatan ketahanan keluarga : Penelitian di Kampung Sakinah RW 10 Kelurahan Cipadung Kidul Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy

Abstract

Keluarga merupakan asas pertama untuk pembinaan sebuah masyarakat, di mana hubungan yang terbentuk di dalamnya merupakan hubungan secara langsung. Dengan perubahan sosial yang pesat dan pergeseran nilai-nilai dalam masyarakat, para peserta sering menghadapi tantangan dalam upaya mempertahankan ketahanan keluarga serta keseimbangan internal. Salah satu cara untuk menyelesaikan permasalahan keluarga dan menguatkan ketahanan keluarga yaitu membutuhkan latihan atau proses pembelajaran melalui bimbingan kelompok. Dalam upaya penguatan ketahanan keluarga, kegiatan bimbingan kelompok ini menggunakan living values education (LVE) sebagai pendekatan yang dapat digunakan. Kegiatan bimbingan kelompok melalui pendekatan living values education terhadap upaya penguatan ketahanan keluarga, melihat hal tersebut sangat penting kiranya dilakukan suatu kajian mengenai program bimbingan kelompok ini dalam membimbing para peserta, di Kampung Sakinah RW 10. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui program, pelaksanaan serta hasil bimbingan kelompok melalui living values education dalam upaya penguatan ketahanan keluarga peserta di Kampung Sakinah RW 10. Penelitian ini menggunakan teori mengenai bimbingan kelompok bahwa bimbingan kelompok adalah salah satu teknik bimbingan yang berusaha membantu individu agar dapat mencapai perkembangan secara optimal sesuai dengan kemampuan bakat, minat, serta nilai-nilai yang dianutnya dan dilaksanakan dalam situasi kelompok. Bimbingan kelompok ditujukan untuk mencegah timbulnya masalah pada individu dan mengembangkan potensi individu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilaksanakan bimbingan kelompok melalui living values education terdapat peningkatan ketahanan keluarga para peserta. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok melalui living values education telah efektif dilaksanakan dan manfaatnya dapat dirasakan oleh peserta karena berperan besar dalam upaya menguatkan ketahanan keluarga para peserta di Kampung Sakinah RW 10.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Living Values Education; Ketahanan Keluarga.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Arini Sobri El Hayatu Syam
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:09
Last Modified: 21 Jul 2023 06:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71891

Actions (login required)

View Item View Item