Kampanye Public Relations “JABAR CEKAS” sebagai upaya pencegahan tindak kekerasan pada anak dan perempuan : Studi kasus pada DP3AKB Provinsi Jawa Barat

Virlianti, Hana (2023) Kampanye Public Relations “JABAR CEKAS” sebagai upaya pencegahan tindak kekerasan pada anak dan perempuan : Studi kasus pada DP3AKB Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)

Abstract

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu lembaga daerah Provinsi Jawa Barat yang berperan dalam menangani dua kegiatan yakni kegiatan wajib dalam non pelayanan dasar di bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta berperan dalam Penanganan Penduduk dan Keluarga Berencana di wilayah Provinsi Jawa Barat. DP3AKB Provinsi Jawa Barat sebagai penyelenggara kegiatan kampanye public relations Jabar Cekas memiliki tujuan dalam memberikan informasi mengenai program baru dalam rangka mencegah adanya kembali kasus kekerasan yang menimpa anak dan perempuan serta melindungi anak dan perempuan yang ada di Jawa Barat dari eksploitasi, kekerasan, dan diskriminasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pihak DP3AKB Provinsi Jawa Barat melakukan kegiatan kampanye public relations melalui proses identifikasi masalah, pengelolaan yang didalamnya meliputi perencanaan dan pelaksanaan serta evaluasi. Penelitian menggunakan model Kampanye Leon Ostergaard dengan menggunakan paradigma konstruktivisme. Adapun metode yang digunakan studi kasus untuk menggambarkan secara detail serta mengumpulkan data valid kegiatan kampanye public relations Jabar Cekas dengan melalui teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diungkapkan bahwa DP3AKB Provinsi Jawa Barat dalam melakukan kegiatan kampanye public relations program Jabar Cekas melalui tiga tahapan atau proses. 1) tahap identifikasi masalah yaitu terkait melonjaknya laporan tentang kasus kekerasan menjadi landasan kampanye dan landasan kampanye Jabar Cekas merujuk pada peraturan menteri PPA. 2) tahap pengelolaan kampanye yang meliputi dua proses didalamnya yaitu perencanaan dengan menentukan publik sasaran yakni seluruh masyarakat, menentukan pesan kampanye seperti jangan takut untuk melapor, seluruh saluran media diantaranya media massa, cetak, dan sosial yang menjadi pendukung dalam pelaksanaan kegiatan kampanye, pihak pentahelix sebagai pihak yang bekerja sama dalam kegiatan kampanye. Selanjutnya pelaksanaan kegiatan kampanye yang dilakukan secara langsung dan tidak langsung. 3) tahap evaluasi yang dilakukan oleh DP3AKB Provinsi Jawa Barat melalui pelaksanaan pengukuhan di daerah Jawa Barat lainnya dan melihat kesiapan di daerah dalam melaksanakan kampanye.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kampanye public relations; Jabar Cekas; pencegahan tindak kekerasan.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Hana Virlianti
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:11
Last Modified: 21 Jul 2023 06:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71897

Actions (login required)

View Item View Item