Kebijakan Kementerian Agama Kabupaten Subang dalam pelayanan izin operasional pondok pesantren : Studi deskriptif di Kementerian Agama Kabupaten Subang

Azzahrah, Salsa Fhira (2023) Kebijakan Kementerian Agama Kabupaten Subang dalam pelayanan izin operasional pondok pesantren : Studi deskriptif di Kementerian Agama Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy

Abstract

Salsa Fhira Azzahrah, Kebijakan Kementerian Agama Kabupaten Subang Dalam Pelayanan Izin Operasional Pondok Pesantren (Studi Deskriptif di Kementerian Agama Kabupaten Subang) Kementerian Agama adalah kementerian yang bertugas menylenggarakan pemerintahan dalam bidang agama. Kementerian Agama Kabupaten Subang mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang agama yang bertujuan untuk membantu Pemenrintah Daerah dalam menyelenggarakan urusan Pemerintah Negara. Banyaknya sektor yang harus dikerjakan oleh Kementerian Agama dan juga tuntutan untuk bekerja professional di semua sektor yang menjadi persoalan sendiri di Kementerian Agama. Agar pelaksanaan pelayanan izin operasional pondok pesantren dengan baik maka Kementerian Agama perlu menetapkan kebijakan yang mana didalamnya terdapat Sistem Informasi Tanda Keberadaan Pondok Pesantren, ketentuan dan mekanisme, Dasar Peraturan Menteri Agama, dan pengawasan izin operasional pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan Kementerian Agama Kabupaten Subang dalam pelayanan izin operasional pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan suatu fenomena secara rinci dan mendalam. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara langsung dengan informan terkait serta mengambil beberapa dokumentasi. Data yang terkumpul akan diklasifikasikan, kemudian dianalisis untuk mendapatkn rumusan yang baik dan benar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kementerian Agama Kabupaten Subang dalam pelayanan izin operasional pondok pesantren mengguakan Sistem Informasi yang bernama SITREN. Melalui sistem informasi ini ada tiga layanan yang diberikan, yaitu 1) Sistem informasi ini sebagai wujud pelayanan terhadap Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren secara optimal. 2). Sistem Informasi ini diarahkan untuk memastikan program bimbingan dan pendampingan dalam rangka pengembangan yang ada di seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren dapat terlaksana dengan baik. 3). Sistem Informasi ini diperuntukkan memastikan keberlangsungan seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan; Pelayanan; Izin Operasional Pondok Pesantren
Subjects: Commerce, Trade > Commercial Policy
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Salsa Fhira Azzahrah Azzahrah
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:44
Last Modified: 21 Jul 2023 06:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71898

Actions (login required)

View Item View Item