Implementasi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan pendistribusian Zakat: Studi deskriptif di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Purwakarta

Azahra, Putri (2023) Implementasi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan pendistribusian Zakat: Studi deskriptif di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Bab 1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text
8_ Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu unsur manajemen yang harus di kelola dan diatur. Manajemen sumber daya manusia adalah langkah-langkah tertentu yang diambil dari unsur manajemen guna menjamin setiap lembaga atau perusahaan agar tersedianya tenaga kerja yang tepat untuk menduduki jabatan dan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki serta dapat tercapainya tujuan lembaga atau perusahaan tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan pendistribusian zakat. Implementasi manajemen sumber daya manusia tersebut ialah pola open rekrutmen seleksi, pelatihan, evaluasi, dan kompensasi pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Purwakarta. Penelitian ini berdasarkan asumsi dari sebuah model Manajemen Sumber Daya Manusia yang berisi mengenai aspek manusia atau sumber daya manusia dalam posisi manajemen, termasuk merekrut, menyaring, melatih, memberikan penghargaan dan penilaian (Dessler, 2011: 5) Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang memiliki tujuan untuk melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu atau bidang tertentu secara faktual dan cermat. Adapun teknik yang dilakukan penulis yaitu dengan pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dalam Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia terhadap pendistribusian zakat itu merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah lembaga zakat, melalui perencanaan yang baik pada SDM akan memberikan keberhasilan sesuai dengan target yang diinginkan, serta tujuan untuk dapat mensejahterakan masyarakat yang membutuhkan bantuan. Di dalam proses open rekrutmen dan seleksi, pelatihan, evaluasi dan kompensasi secara teori dan konsep Manajemen Sumber Daya Manusia sudah dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Purwakarta dengan sangat baik sehingga Badan Amil Zakat Nasiomal Kabupaten Purwakarta dapat memaksimalkan sumber daya manusia yang ada dan terwujudnya kegiatan Pendistribusian zakat yang bisa tersampaikan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sumber Daya Manusia; Badan Amil Zakat Nasional; Pendistribusian Zakat
Subjects: Islam > Zakat
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Putri Azahra
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:43
Last Modified: 21 Jul 2023 06:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71909

Actions (login required)

View Item View Item