Pengaruh Total Current Liabilities dan Total Equity terhadap Profit for The Year pada perusahaan media dan hiburan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2012-2021

Farastika, Kyomita (2023) Pengaruh Total Current Liabilities dan Total Equity terhadap Profit for The Year pada perusahaan media dan hiburan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Total Current Liabilities merupakan sumber utang jangka pendek yang digunakan untuk membiayai kebutuhan perusahaan untuk mendukung kegiatan perusahaan dalam meningkatkan laba tahunan perusahaan. Adapun Total Equity modal yang mendukung perusahaan untuk melaksanakan operasionalnya, sehingga perusahaan dapat berkembang dan mampu bersaing dengan perusahaan lainnya, dimana Profit for The Year dapat dijadikan informasi dalam pertimbangan investor untuk berinvestasi pada perusahaan, karena mencerminan keuntungan yang di dapat perusahaan pada kurun waktu satu tahun serta menggambarkan kinerja perusahaan dalam mengelola modal serta hutang untuk operasional perusahaan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui besarnya pengaruh dari Total Current Liabilities secara parsial terhadap Profit for The Year, pengaruh dari Total Equity secara parsial terhadap Profit for The Year dan pengaruh dari Total Current Liabilities dan Total Equity secara simultan terhadap Profit for The Year pada Perusahaan Media dan Hiburan Periode 2012-2021. Kerangka berpikir yang dibuat dalam penelitian ini adalah bahwa faktor terpenting yang harus diperhatikan investor sebelum berinvestasi adalah tingkat keuntungan pada periode tersebut. Tentunya dengan semakin tinggi total utang jangka pendek dan total modal maka akan menyebabkan laba semakin tinggi karena terjadinya peningkatan aktivitas perusahaan, peningkatan aktivitas perusahaan yang dapat mendorong peningkatan laba pada periode tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitan ini yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data panel periode 2012-2021 dari laporan keuangan perusahaan yang di-terbitkan PT. Surya Citra Media Tbk, PT. Media Nusantara Citra Tbk, dan PT. Intermedia Capital Tbk. Analisis data yang digunakan ialah Analisis Deskriptif, Analisis Regresi Data Panel, Uji Asumsi Klasik, Uji Koefisien Determinasi dan Analisis Uji Hipotesis. Pengolahan dan perhitungan data dengan menggunakan Eviews For windows 12 version serta Microsoft excel 2019. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Total Current Liabilities secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Profit for The Year yang dibuktikan oleh nilai -thitung < -ttabel yaitu -3,351 < -2,052; 2) Total Equity secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Profit for The Year yang dibuktikan oleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,830 > 2,052; 3) Total Current Liabilities dan Total Equity secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Profit for The Year yang dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 26,01% serta nilai fhitung > ftabel yaitu 6,098 > 3,354 pada Perusahaan Media dan Hiburan Periode 2012-2021.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Total Current Liabilities; Total Equity; Profit for The Year;
Subjects: Islam
Islam > Islam and Economics
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Kyomita Farastika
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:40
Last Modified: 24 Jul 2023 02:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71944

Actions (login required)

View Item View Item