Pengaruh Net Working Capital dan Net Sales terhadap Net Profit Margin pada perusahaan otomotif yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2012-2021

Andriani, Marina (2023) Pengaruh Net Working Capital dan Net Sales terhadap Net Profit Margin pada perusahaan otomotif yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Setiap kegiatan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan, pastinya memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan (laba) sebanyak mungkin. Faktor yang dapat mempengaruhi Net Profit Margin adalah Net Working Capital dan Net Sales. Semakin tinggi modal kerja dan penjualan yang dihasilkan perusahaan maka keuntungan yang diperoleh perusahaan juga akan tinggi (naik). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui seberapa besar pengaruh Net Working Capital dan Net Sales Terhadap Net Profit Margin secara simultan pada Perusahaan Otomotif yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2012-2021. Kerangka berfikir dalam penelitian ini adalah faktor terpenting yang dipertimbangkan investor sebelum berinvestasi adalah tingkah keuntungan perusahaan. Tentunya dengan semakin banyak modal kerja yang di-investasikan akan meningkatkan laba apabila modal tersebut dapat dikelola dengan baik dalam kegiatan operasional perusahaan, begitupula saat tingkat penjualan bertambah, maka keuntungan atau laba perusahaan yang diperoleh akan semakin tinggi. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan tahunan Perusahaan Otomotif Periode 2012-2021. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis regresi data panel, uji asumsi klasik, analisis determinasi, analisis hipotesis (uji t dan f). Adapun pengolahan data menggunakan Eviews.12 for Windows dan Microsoft Exel sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian diperoleh bahwa Net Working Capital (NWC) secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) yang dibuktikan oleh nilai t hitung < t tabel yaitu 1,338566 < 2,05183. Pada variabel Net Sales secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) yang dibuktikan oleh nilai t hitung < t tabel yaitu 0,004209 < 2,051831. Kemudian Net Working Capital (NWC) dan Net Sales secara simultan tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) yang dibuktikan oleh nilai koefisien determinasi sebesar 2,7824% serta nilai f hitung < f tabel yaitu 1,414997 < 3,354 pada Perusahaan Otomotif Periode 2012-2021. Hasil penelitian ini tidak sesuai dengan konsep murabahah pada Manajemen Keuangan Syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Working Capital; Net Sales; Net Profit Margin;
Subjects: Islam
Islam > Islam and Economics
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Marina Andriani
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:00
Last Modified: 24 Jul 2023 04:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71947

Actions (login required)

View Item View Item