Sabila, Nisa Aina (2023) Penerapan pembelajaran berbasis proyek pada penjernihan air untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover Munaqosyah.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (254kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Bibliography.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, menganalisis kinerja siswa pada setiap tahapan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek dan menganalisis literasi lingkungan siswa setelah pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan tipe one-group pretest posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAIT Nurul Amanah Tasikmalaya dengan jumlah 14 orang. Instrumen yang digunakan berupa deskripsi pembelajaran, lembar observasi, lembar kerja siswa (LKS), serta perangkat tes dan angket untuk mengukur literasi lingkungan siswa. Data diperoleh dari hasil observasi pada kegiatan pembelajaran dan pemberian skor pada tes literasi lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa secara keseluruhan mencapai 96% dengan interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata kinerja siswa pada semua tahapan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek yaitu 81 dengan interpretasi baik. Nilai rata-rata angket yang dicapai yaitu 89 dengan interpretasi sangat baik. Literasi lingkungan siswa setelah pembelajaran berbasis proyek mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain sebesar 0.47 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Kelompok prestasi tinggi, sedang dan rendah berturut-turut memperoleh nilai N-Gain 0.51; 0.45; dan 0.37 yang termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian penerapan pembelajaran berbasis proyek pada penjernihan air dapat meningkatkan literasi lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berbasis proyek; penjernihan air; literasi lingkungan siswa |
Subjects: | Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nisa Aina Sabila |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 07:53 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 07:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72004 |
Actions (login required)
View Item |