Penerapan pembelajaran berbasis proyek pada penjernihan air untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa

Sabila, Nisa Aina (2023) Penerapan pembelajaran berbasis proyek pada penjernihan air untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover Munaqosyah.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Bibliography.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, menganalisis kinerja siswa pada setiap tahapan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek dan menganalisis literasi lingkungan siswa setelah pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan tipe one-group pretest posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAIT Nurul Amanah Tasikmalaya dengan jumlah 14 orang. Instrumen yang digunakan berupa deskripsi pembelajaran, lembar observasi, lembar kerja siswa (LKS), serta perangkat tes dan angket untuk mengukur literasi lingkungan siswa. Data diperoleh dari hasil observasi pada kegiatan pembelajaran dan pemberian skor pada tes literasi lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa secara keseluruhan mencapai 96% dengan interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata kinerja siswa pada semua tahapan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek yaitu 81 dengan interpretasi baik. Nilai rata-rata angket yang dicapai yaitu 89 dengan interpretasi sangat baik. Literasi lingkungan siswa setelah pembelajaran berbasis proyek mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain sebesar 0.47 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Kelompok prestasi tinggi, sedang dan rendah berturut-turut memperoleh nilai N-Gain 0.51; 0.45; dan 0.37 yang termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian penerapan pembelajaran berbasis proyek pada penjernihan air dapat meningkatkan literasi lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis proyek; penjernihan air; literasi lingkungan siswa
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Nisa Aina Sabila
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:53
Last Modified: 26 Jul 2023 07:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72004

Actions (login required)

View Item View Item