Sistem pembelajaran matematika berbasis Kurikulum Nasional dan Kurikulum Cambridge di SMP Darul Hikam Integrated School

Hidayat, Annisa Eka Fitriani (2023) Sistem pembelajaran matematika berbasis Kurikulum Nasional dan Kurikulum Cambridge di SMP Darul Hikam Integrated School. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah suatu hal yang berpengaruh dalam perkembangan suatu bangsa, dan merupakan bagian penting yang harus diprioritaskan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, maka ada beberapa sekolah di Indonesia yang menerapkan integrasi kurikulum nasional dan internasional. Melihat hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi yang jelas mengenai sistem pembelajaran matematika berbasis kurikulum nasional dan kurikulum Cambridge di SMP Darul Hikam Integrated School (DHIS). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Proses terbentuknya integrasi kurikulum berawal dari kebijakan Pemerintah yaitu RSBI pada tahun 2008 dengan tujuan menjadi sekolah yang unggul dan mampu bersaing dengan sekolah lain, serta memiliki ciri khas tersendiri; (2) Implementasi integrasi kurikulum pada pelajaran matematika dapat dilihat dari materi pelajaran yang diambil berdasarkan irisan materi dari kedua kurikulum dan lebih mengutamakan materi matematika pada kurikulum Cambridge, penyampaian materi menggunakan bahasa Inggris, tujuan pembelajaran yang ditetapkan oleh guru serta target pembelajaran yang ditetapkan oleh sekolah; (3) Proses pembelajaran matematika berbasis kurikulum nasional dan kurikulum Cambridge di SMP DHIS meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran; (4) Hasil belajar matematika siswa relatif stabil yang ditunjukkan dengan grafik garis dari hasil belajar tersebut; (5) Kesulitan belajar matematika siswa terletak pada penggunaan bahasa, materi pembelajaran dan soal latihan; (6) Sikap diskursus matematis siswa di SMP DHIS tergolong baik dari segi berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi dan kolaborasi; (7) Kelebihan dari integrasi kurikulum di SMP DHIS adalah meningkatnya kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris, konten materi yang lebih banyak dan bervariasi, serta guru lebih kreatif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, kekurangannya berupa kendala dalam penggunaan bahasa Inggris serta perubahan dari kurikulum nasional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika; Kurikulum Nasional; Kurikulum Cambridge; SMP Darul Hikam Integrated School
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Curricula
Curricula > Curriculum Development
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Annisa Eka Fitriani Hidayat
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:20
Last Modified: 24 Jul 2023 02:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72064

Actions (login required)

View Item View Item