Huda, Manarul (2022) Model komunikasi dakwah instruktur Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) dalam meningkatkan kompetensi santri : Penelitian di pondok pesantren mahasiswa universal Al-Islami Cibiru kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abtrak.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (267kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (660kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (881kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) | Request a copy |
Abstract
Tahun 2019 merupakan momentum pertumbuhan Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) yang masif tersebar di setiap wilayah di Indonesia. Tercatat lebih dari 1.000 BLKK sudah didirikan, salah satunya ialah BLKK Pondok Pesantren Universal Al-Islami. BLKK ini perlu perhatian khusus dengan hadirnya instruktur dalam meningkatkan kompetensi santri. Komunikasi yang intens antara instruktur dan santri melahirkan model komunikasi yang khas di BLKK ini. Tujuan penelitian untuk menganalisis model komunikasi dakwah instruktur dalam meningkatkan kompetensi santri dengan memahami dan menganalisis simbol-simbol komunikasi yang digunakan, kemudian memahami dan menganalisis varietas bahasa yang digunakan, dan menganalisis bentuk-bentuk aktivitas komunikasi yang dilaksanakan di BLKK Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Al-Islami Cibiru Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan teori Interaksi Simbolik yang di dicetuskan oleh George Herbert Mead dan dikembangkan oleh Herbert Blumer. Teori ini merupakan teori yang memiliki asumsi bahwa manusia membentuk makna melalui proses komunikasi. Teori ini berfokus pada pentingnya konsep diri dan persepsi yang di miliki individu berdasarkan interaksi dengan individu lain. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruksivisme dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriktif. Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Analisis data penelitian ini menggunakan model analisis Spradley. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa Model Komunikasi Dakwah Instruktur dalam Meningkatkan Kompetensi Santri : Dilihat dari simbol komunikasi yang digunakannya yakni simbol Treangle of Success sebagai tujuan pelatihan dan simbol verbal berupa bahasa Inggris yang digunakan pada kegiatan belajar, kemudian bahasa Indonesia dan bahasa Sunda dalam menjelaskan istilah yang rumit di bahasa Inggris. Selanjutnya simbol nonverbal ditunjukan pada segi suritauladan yang dicontohkan para instruktur. Varietas bahasa yang digunakannya yakni menyesuaikan komunikan yang dihadapi dan kegiatan yang dilaksanakan. Bentuk-bentuk aktivitas instruktur yang dilaksanakan di BLKK yakni komunikasi instruktur dalam proses pembelajaran, mengenali karakter santri, penguasaan media dan instruktur berperan sebagai seorang Da’i.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instruktur; Teori Interaksi Simbolik; BLKK |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Applied Physics > Communication Engineering |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Manarul Manar Huda |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 00:33 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 00:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72128 |
Actions (login required)
View Item |