Alisia, Ainya'nisa Suci (2023) Pengaruh konseling kelompok terhadap persepsi siswa kepada guru Bimbingan Konseling (BK): Penelitian di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Talaga. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (629kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
Abstract
Bimbingan dan Konseling merupakan upaya pemberian bantuan kepada peserta didik dengan menciptakan lingkungan perkembangan yang kondusif, dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, supaya pesera didik dapat memahami dirinya sehingga sanggup mengarahkan diri dan dapat bertindak secara wajar, sesuai denan tuntutan tugas – tugas perkembangan. Namun masih banyak anggapan bahwa peranan BK di sekolah adalah sebagai polisi sekolah yang harus menjaga dan mempertahankan tata tertib, disiplin, dan keamanan sekolah. Konselor menurut siswa itu seperti ditugaskan mencari siswa yang bermasalah dan diberi wewenang untuk mengambil tindakan bagi siswa-siswi yang bermasalah khususnya di SMKN 1 Talaga. Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konseling kelompo terhadap persepsi sisa kepada guru bk . Penelitian ini didasarkan pada siswa yang masih merasa takut dan belum mengerti dari apa tujuan adanya BK ini. Mereka masih merasa ketika mereka dipanggil oleh bk itu karena mereka bermasalah atau melakukan kesalahan yang fatal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, karena tujuan dari penelitian seberapa besar pengaruh konseling kelompok terhadap persepsi siswa kepada guru bk. Teknik pengumpulan data bertumpu pada angket atau kuesioner, melakukan observasi non-partisipan serta pengumpulan data-data yang sudah dimiliki atau sudah ada dipihak sekolah. Hasil penelitian dan pengolahan data melalui SPSS menyatakan bahwa gambaran perilaku konsumtif 50% subjek berada diatas 4,00 sedangkan 50% lagi berada di bawah 4,00, jadi 4,00 adalah sebagai median. Pengaruh konseling kelompok terhadap persepsi siswa kepada guru bk KD yang diperoleh adalah 0.566 x 100% = 56.60% , dapat ditafsirkan bahwa variabel X (Konseling Kelompok) memiliki pengaruh sebesar 56.60% terhadap variabel Y (Persepsi Siswa Kepada guru bk) dan 43.40% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel X (Konseling Kelompok).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Kelompok; Persepsi Siswa |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Ainya'nisa Suci Alisia |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 00:36 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 00:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72136 |
Actions (login required)
View Item |