Pengaruh konseling kelompok terhadap persepsi siswa kepada guru Bimbingan Konseling (BK): Penelitian di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Talaga

Alisia, Ainya'nisa Suci (2023) Pengaruh konseling kelompok terhadap persepsi siswa kepada guru Bimbingan Konseling (BK): Penelitian di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Talaga. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan dan Konseling merupakan upaya pemberian bantuan kepada peserta didik dengan menciptakan lingkungan perkembangan yang kondusif, dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, supaya pesera didik dapat memahami dirinya sehingga sanggup mengarahkan diri dan dapat bertindak secara wajar, sesuai denan tuntutan tugas – tugas perkembangan. Namun masih banyak anggapan bahwa peranan BK di sekolah adalah sebagai polisi sekolah yang harus menjaga dan mempertahankan tata tertib, disiplin, dan keamanan sekolah. Konselor menurut siswa itu seperti ditugaskan mencari siswa yang bermasalah dan diberi wewenang untuk mengambil tindakan bagi siswa-siswi yang bermasalah khususnya di SMKN 1 Talaga. Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konseling kelompo terhadap persepsi sisa kepada guru bk . Penelitian ini didasarkan pada siswa yang masih merasa takut dan belum mengerti dari apa tujuan adanya BK ini. Mereka masih merasa ketika mereka dipanggil oleh bk itu karena mereka bermasalah atau melakukan kesalahan yang fatal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, karena tujuan dari penelitian seberapa besar pengaruh konseling kelompok terhadap persepsi siswa kepada guru bk. Teknik pengumpulan data bertumpu pada angket atau kuesioner, melakukan observasi non-partisipan serta pengumpulan data-data yang sudah dimiliki atau sudah ada dipihak sekolah. Hasil penelitian dan pengolahan data melalui SPSS menyatakan bahwa gambaran perilaku konsumtif 50% subjek berada diatas 4,00 sedangkan 50% lagi berada di bawah 4,00, jadi 4,00 adalah sebagai median. Pengaruh konseling kelompok terhadap persepsi siswa kepada guru bk KD yang diperoleh adalah 0.566 x 100% = 56.60% , dapat ditafsirkan bahwa variabel X (Konseling Kelompok) memiliki pengaruh sebesar 56.60% terhadap variabel Y (Persepsi Siswa Kepada guru bk) dan 43.40% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel X (Konseling Kelompok).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok; Persepsi Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ainya'nisa Suci Alisia
Date Deposited: 25 Jul 2023 00:36
Last Modified: 25 Jul 2023 00:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72136

Actions (login required)

View Item View Item