Fauzia, Reni (2023) Pengaruh penerapan media Card Sort ayat terhadap motivasi belajar siswa belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Quran Hadis: Penelitian quasi eksperimental pada siswa kelas VIII di MTs Ar-Rosyidiah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1-cover.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
3_Daftar Isi.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
4_Bab1.pdf Download (259kB) | Preview |
|
Text
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
||
Text
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
||
Text
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) | Request a copy |
||
Text
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) | Request a copy |
||
Text
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa yang berlanjut pada nilai siswa yang diberada dibawah nilai KKM al-Quran Hadis, yakni 74. Realitanya, pada saat pembelajaran berlangsung, siswa kehilangan fokusnya pada materi pembelajaran yang disampaikan, sehingga siswa tidak memperhatikan penjelasan guru. Beberapa diantaranya lebih memilih berbincang dengan teman, makan dan minum, bahkan seringkali izin ke toilet. Hal ini disebabkan oleh penyampaian pembelajaran yang monoton sehingga pembelajaran hanya terjadi satu arah dan siswa merasa bosan dengan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti dengan menerapkan media card sort untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadis, materi Hukum Tajwid (Mad Shilah, Mad Badal, Mad Farqi dan Mad Tamkin). Tujuan penelitian ini ialah (1) Untuk mengetahui penerapan media pembelajaran Card Sort ayat pada mata pelajaran Al-Quran Hadits. (2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa setelah menerapkan media pembelajaran Card Sort ayat pada mata pelajaran Al-Quran Hadits dan (3) Untuk mengetahui sejauhmana pengaruh penerapan media pembelajaran Card Sort ayat terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Quran Hadits di kelas VIII MTs Ar-Rosyidiah. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa penerapan media dapat membangkitkan motivasi seorang siswa. Berdasarkan hal tersebut, hipotesis yang peneliti ajukan ialah H0 tidak terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan media belajar card sort ayat terhadap motivasi belajar siswa dan Ha terdapat pengaruh yang signifikan dan positif dalam penerapan media belajar card sort ayat terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitiannya ialah nonequivalent control group design, dimana pemilihan sampel tidak dilakukan secara acak akan tetapi ditentukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, tes, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, 1) Penerapan media card sort pada mata pelajaran Al-Quran Hadis terlaksana dengan baik, dibuktikan dengan hasil observasi sebesar 95% dan dinyatakan terlaksana dengan hasil “sangat baik”. 2) Motivasi belajar siswa setelah menggunakan media card sort ialah sebesar 80% dan dinyatakan tinggi dengan interpretasi “sangat baik”. Hasil tersebut didukung oleh hasil posttest pada kelas eksperimen yakni sebesar 74 untuk rata-rata nilai posttest. 3) Pengaruh penerapan media card sort pada mata pelajaran Al-Quran Hadis di kelas VIII MTs Ar-Rosyidiah, sebesar 30% dilihat dari hasil n-gain. Pengaruh tersebut di uji pula menggunakan uji Paired Sample T-test dengan dengan taraf signifikasi 5% dan memperoleh hasil sebesar 0,000 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, hipotesis Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan media card sort terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadis di MTs Ar-Rosyidiah, Kota Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media; Card Sort; Motivasi |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Reni Fauzia |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 02:35 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 02:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72151 |
Actions (login required)
View Item |