Persepsi khalayak mengenai program buser investigasi SCTV :Studi deskriptif kualitatif di RT 03 RW 03 Kelurahan Sukamulya Kecamatan Cinambo Kota Bandung

Amatila, Salis Milania (2023) Persepsi khalayak mengenai program buser investigasi SCTV :Studi deskriptif kualitatif di RT 03 RW 03 Kelurahan Sukamulya Kecamatan Cinambo Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak-6.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Program buser investigasi merupakan salah satu berita yang menguak suatu kejahatan secara mendalam untuk membuat khalayak menjadi lebih cerdas dalam memilah dan memilih suatu hal. Buser investigasi dapat mempengaruhi sikap, pandangan, perasaan, dan persepsi khalayak. Program yang memiliki kemampuan yang mumpuni kebutuhan khalayak akan menghasilkan persepsi yang baik bagi khalayak yang menontonnya. Penelitian ini menggunakan objek penelitian khalayak RT 03 RW 03 Kelurahan Sukamulya Kecamatan Cinambo Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi persepsi khalayak terhadap program buser investigasi pasca banyaknya tindak kecurangan seorang pedagang. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konsep persepsi Deddy Mulyana yaitu persepsi merupakan proses internal yang memungkinkan untuk seseorang memilih, mengorganisasikan, dan menafsirkan rangsangan dari lingkungan, serta proses tersebut dapat mempengaruhi perilaku seseorang. Adapun pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan jawaban dari fokus penelitian secara deskriptif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif, dimana nantinya hasil dari penelitian akan dijabarkan secara keseluruhan untuk memperjelas topik penelitian yang saling berkaitan. Dan untuk validitas data diuji melalui teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa khalayak menilai program buser investigasi sebagai bahan tontonan untuk menambah suatu informasi melalui proses sensasi dapat diterima dengan baik. Sebagai bahan tontonan, buser investigasi dinilai memiliki informasi yang menarik sehingga melalui proses atensi program ini mendapatkan perhatian lebih dari khalayak. Selain itu, pada proses interpretasi khalayak menilai menyukai program buser investigasi, sebab dapat membawa pengaruh baik dan informasi buser investigasi dapat memenuhi kebutuhan khalayak dengan mendorong khalayak untuk membangun rasa ingin lebih tahu dengan jauh sehingga menjadikan khalayak lebih cerdas saat memilih suatu informasi ataupun ketika hendak melalukan suatu hal. Hasil yang didapat menunjukan bahwa persepsi khalayak menyukai program buser investigasi sebagai bahan tontonan untuk mendapatkan suatu informasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesepsi khalayak;program buser investigasi
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Salis Milania Amatila
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:05
Last Modified: 25 Jul 2023 07:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72235

Actions (login required)

View Item View Item