Pengaruh Citizen Journalism dalam rubrik Retizen terhadap sikap pembaca media Republika: Survei pada anggota pers mahasiswa Jurnalposmedia UIN Bandung

Febrianti, Sherly Putri (2023) Pengaruh Citizen Journalism dalam rubrik Retizen terhadap sikap pembaca media Republika: Survei pada anggota pers mahasiswa Jurnalposmedia UIN Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy

Abstract

Di era digitalisasi saat ini, fenomena banjir informasi sudah tidak dapat dipungkiri. Baik informasi yang disebarkan oleh jurnalis professional ataupun para Citizen Journalism. Dari latar belakang yang berbeda-beda, akankah Citizen Journalism mampu mengedepankan keakuratan informasinya dan tetap menjaga kepercayaan publik terhadap suatu informasi atau media yang mewadahi Citizen Journalism tersebut. Jika hal itu dikesampingkan, maka otomatis akan memengaruhi sikap dari pembacanya. Penelitian ini lebih fokus meneliti Citizen Journalism di Rubrik Retizen Media Republika terhadap sikap dari pembacanya. Oleh karenanya, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kredibilitas Citizen Journalism, reputasi media, dan pesan yang disampaikan terhadap sikap pembaca Media Republika. Penelitian ini menggunakan teori belajar sosial yang menekankan pada self-efficacy, pengaruh sosial, hingga observational learning. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei, pun memakai paradigma positivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket penelitian kepada 48 responden anggota Jurnalposmedia UIN Bandung menggunakan teknik purposive sampling yang telah ditetapkan sebelumnya untuk menentukan jumlah sampelnya. Dalam hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 93% (dalam pengujian koefisien determinasi). Artinya, secara bersama-sama variabel X mempengaruhi variabel Y. Dapat dilihat juga dari keraguan yang ditunjukan responden terhadap masing-masing variabel ini mencerminkan pentingnya mengedepankan faktor-faktor seperti keakuratan, sumber informasi yang jelas, profesionalisme, integritas, objektivitas, dan pemahaman tentang kode etik jurnalistik dalam membentuk sikap pembaca. Hasil rangkaian uji statistik pada data penelitian ini, dari ketiga hipotesis yang telah diajukan semuanya dapat diterima. Sehingga, terdapat pengaruh antara Citizen Journalism dalam Rubrik Retizen terhadap sikap pembaca Media Republika survei pada anggota Jurnalposmedia UIN Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas Citizen Journalism, Reputasi media; Sikap pembaca media Republika
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Sherly Putri Febrianti
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:37
Last Modified: 25 Jul 2023 06:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72243

Actions (login required)

View Item View Item