Pengelolaan media sosial sebagai bentuk digital public relations humas kota bekasi : Studi deskriptif kualitatif dalam penyebaran informasi publik pada akun instagram @humaskotabekasi

Lestari, Natasha Fitria (2023) Pengelolaan media sosial sebagai bentuk digital public relations humas kota bekasi : Studi deskriptif kualitatif dalam penyebaran informasi publik pada akun instagram @humaskotabekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Teknologi informasi dan komunikasi sangat berkembang pesat belakangan ini. Teknologi ini tentunya dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak, termasuk instansi pemerintahan. Teknologi ini dimanfaatkan sebagai media penyampaian informasi dengan memanfaatkan media teknologi digital yang mampu menciptakan komunikasi yang efektif, karena informasi merupakan satu bagian penting yang dibutuhkan publik dari sebuah lembaga, organisasi maupun instansi pemerintah yang dituju, segala bentuk informasi yang diterima oleh publik memegang peran tersebut dan dapat memberikan pengaruh, pandangan juga opini terhadap citra sebuah lembaga, organisasi maupun instansi pemerintah tersebut. Dalam hal ini Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Bekasi bagian Humas menggunakan berbagai platform media sosial, khususnya instagram @humaskotabekasi dalam menyampaikan berbagai informasi dan berinteraksi dengan masyarakat. Hal ini merupakan salah satu bentuk digital public relations yang dilakukan oleh Humas Kota Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguraikan, dan menjelaskan tahapan-tahapan yang ditempuh oleh Humas Pemerintah Kota Bekasi dengan mengacu pada konsep The Circular Model of So Me for Social Communication dalam membagikan informasi (share), mengoptimalkan informasi (optimize), mengelola informasi (manage), serta bagaimana pelibatan publik (engage) dalam penyebaran informasi pada akun Instagram @humaskotabekasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Guna menjawab dan mendeskripsikan tujuan penelitian, peneliti menggunakan teknik wawancara secara mendalam (in-depth interview), peninjauan secara cermat, serta melakukan studi dokumentasi terhadap berkas-berkas yang menunjang dalam penelitian. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa Humas Kota Bekasi telah melaksanakan tahapan-tahapan yang sesuai dengan konsep The Circular Model of So Me for Social Communication yaitu meliputi tahap share, optimize, manage, dan engage. ENGLISH: Information and communication technology is growing rapidly these days. This technology can certainly be utilized by various parties, including government agencies. This technology is used as a medium for delivering information by utilizing digital technology media that can create effective communication because the information is an important part that the public needs from an institution, organization, or government agency to which it is addressed, all forms of information received by the public play this role and can provide influence, views as well as opinions on the image of an institution, organization or government agency. In this case, the Bekasi City Government Regional Secretariat, Public Relations section, uses various social media platforms, especially Instagram @humaskotabekasi to convey information and interact with the public. This is one form of digital public relations carried out by Bekasi City Public Relations. This research aims to find out, describe, and explain the stages taken by the Bekasi City Government Public Relations by referring to the concept of The Circular Model of So Me for Social Communication in sharing information (share), optimizing information (optimize), managing information (manage), and how the public is involved (engage) in disseminating information on the Instagram account @humaskotabekasi. This research uses a descriptive analysis method with a qualitative approach. To answer and describe the research objectives, researchers used in-depth interview techniques, careful review, and conducted documentation studies of files that supported the research. The results showed that Bekasi City Public Relations has carried out stages by the concept of The Circular Model of So Me for Social Communication, which includes the share, optimize, manage, and engage stages.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Digital Public Relations; The Circular Model of So Me; Humas Kota Bekasi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Natasha Fitria Lestari
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:05
Last Modified: 25 Jul 2023 07:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72246

Actions (login required)

View Item View Item