Hubungan dukungan sosial dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan bahasa Arab di madrasah ibtidaiyah: Penelitian pada kelas 5 di MI Terpadu Ar-Rifqi Kabupaten Bandung

Hidayatullah, Dede (2023) Hubungan dukungan sosial dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan bahasa Arab di madrasah ibtidaiyah: Penelitian pada kelas 5 di MI Terpadu Ar-Rifqi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)

Abstract

Penelitian ini diambil dari fenomena rendahnya minat siswa terhadap mata pelajaran pendidikan bahasa Arab yang berdampak pada nilai yang diperoleh kurang optimal, hal ini diduga tidak terlepas dari peran dukungan sosial (keluarga, guru dan teman sebaya). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dukungan sosial dan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan bahasa Arab serta untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan bahasa Arab di kelas 5 MI Terpadu Ar-Rifqi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini varaiabel dukungan sosial (X) dari Sarafino (2011) dengan indikator kepercayaan, cinta, empati, memperoleh bantuan langsung berupa tindakan, saran, dan umpan balik evaluatif kepada individu. Untuk variabel minat belajar siswa (Y) dari Slameto (2010) dengan indikator motivasi atau dorongan untuk belajar, partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar dan perhatian siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Terdapat hubungan yang positif dan sisgnifikan antara dukungan sosial dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan bahasa Arab di MI Terpadu Ar-Rifqi Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi dengan jumlah responden 25 orang. Penelitian ini menggunakan teknik biavariate dimana penelitian melakukan perhitungan uji normalitas Shapiro-Wilk, uji linearitas, dan uji korelasi spearman rank. Hasil dari penelitian ini yaitu dukungan sosial memiliki nilai rata-rata 64% dengan kategori sangat tinggi dan minat belajar memiliki nilai rata-rata 44% dengan kategori tinggi. Hasil dari perhitungan uji korelasi spearman rank dengan menggunakan SPSS versi 26 mendapati nilai korelasi yang diperoleh sebesar 0,104 lebih kecil dari batas minimal signifikansi korelasi sebesar 0,620 pada uji dua ekor (0,104 ˂ 0,620). Maka dapat diartikan tidak terdapat korelasi yang signifikan antara dukungan sosial dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan bahasa Arab. Tidak terdapatnya hubungan antara dukungan sosial dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan bahasa Arab karena ada beberapa faktor seperti faktor usia, faktor ekonomi, faktor lingkungan dan faktor konsep diri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial; Minat Belajar Siswa; Bahasa Arab;
Subjects: Education > Psychology of Education
Education > Sociology of Education
Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dede Hidayatullah
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:19
Last Modified: 28 Jul 2023 07:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72343

Actions (login required)

View Item View Item