Penerapan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada konsep fluida statis

Nurazizah, Eliza (2023) Penerapan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada konsep fluida statis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran Self Organized Learning Environment dan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Self Organized Learning Environment. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dilaksanakan pada dua kelompok peserta didik yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebagai pembanding dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 3 dengan jumlah 25 peserta didik dan kelas XI MIPA 2 dengan jumlah 25 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Self Organized Learning Environment berlangsung sangat baik dengan persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 91% dan aktivitas peserta didik 89%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai t_hitung sebesar 1,76 dan t_tabel 1,68 (t_hitung>t_tabel) dengan taraf signifikansi 0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Self Organized Learning Environment dengan nilai N-gain sebesar 0,72 pada kategori sedang di kelas eksperimen dan nilai N-gain sebesar 0,61 dengan interpretasi sedang di kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SOLE; Keterampilan Berpikir Kreatif; Fluida Statis
Subjects: Education
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Eliza Nurazizah
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:25
Last Modified: 26 Jul 2023 06:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72355

Actions (login required)

View Item View Item