Pengaruh media Augmented Reality berbantuan Assemblr Edu terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VI MI Al-Hidayah

Azizah, Hani Nur (2023) Pengaruh media Augmented Reality berbantuan Assemblr Edu terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VI MI Al-Hidayah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Sejalan dengan kemajuan teknologi di era globalisasi, perlu adanya upaya untuk menghadapi tantangan di era ini. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berkualitas terutama dalam bidang pendidikan merupakan salahsatu upaya yang bisa dilakukan. Seiring dengan perkembangan dunia yang semakin pesat, pendidikan dituntut untuk bisa menyesuaikan dengan perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) guna mempersiapkan guru dan siswa untuk menghadapi tantangan yang kebih besar di masa depan. Salahsatu upaya yang bisa dilakukan yaitu dengan penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang ditemukan di Kelas VI MI Al-Hidayah ini yaitu sebagian siswa kesulitan memahami konsep yang bersifat asbtrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan setelah penggunaan media pembelajaran Augmented Reality berbantuan Assemblr Edu serta untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Augmented Reality berbantuan Assemblr Edu terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas VI. Augmented Reality merupakan suatu teknologi dalam bentuk visual dengan menggabungkan objek dunia virtual ke dalam tampilan dunia nyata secara waktu yang nyata (Miftah, 2015). Salahsatu platform yang dapat digunakan untuk menampilkan media augmented reality yaitu aplikasi assemblr edu. Aplikasi ini merupakan salah satu ekosistem software yang dikembangkan oleh Assemblr Indonesia Official yang berperan dalam membantu gaya pembelajaran interaktif dengan fitur AR yang dikembangkan, serta penggunaannya secara kolektif dengan Assemblr studio, Assembler Apk, dan Assemblr edu (Küçük, 2016). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kuasi Eksperimen (One Group Pretest-Posttest) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes soal uraian (essay), lembar observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum diberikan treatment (pretest) memperoleh nilai rata-rata pretest 33,9 dan setelah diberikan treatment (posttest) memperoleh nilai rata-rata posttest 80. Adapun hasil analisis uji hipotesis paired sample t-test nilai sig (2-tailed) senilai 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, dapat diartikan terdapat pengaruh media pembelajaran augmented reality berbantuan assemblr edu terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA di Kelas VI MI Al-Hidayah. Pengaruh tersebut juga didukung oleh peningkatan nilai N-Gain dengan persentase 70,9% sehigga dapat diklasifikasikam pada tingkat sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Augmented Reality; Assemblr Edu; Hasil Belajar; Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: Elementary Education > Science for Elementary Education
Natural Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hani Nur Azizah
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:33
Last Modified: 26 Jul 2023 02:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72379

Actions (login required)

View Item View Item