Implementasi manajemen pondok pesantren dalam meningkatkan program kewirausahaan santri: Studi deskriptif pada Pondok Pesantren As-Salam di Kabupaten Bogor

Al-bayan, Muhamad Dikky (2023) Implementasi manajemen pondok pesantren dalam meningkatkan program kewirausahaan santri: Studi deskriptif pada Pondok Pesantren As-Salam di Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTA PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Pondok Pesantren merupakan suatu tempat implementasi yang tepat bagi pertumbuhan kepribadian dan moralitas seorang anak didik atau santri, pesantren juga tidak hanya sebagai tempat belajar ilmu akademik meliputi pengetahuan umum dan pengetahuan agama saja, akan tetapi di zaman modern yang mengharuskan kita untuk memiliki kemampuan lebih saat ini pondok pesantren memiliki kontribusi besar dalam menciptakan kader santri yang berkualitas dalam menghadapi segala aspek permasalahan dimasyarakat, diantaranya santri harus mampu berkontribusi minimal di keluarga hingga di masyarakat dengan membantu dalam aspek tatanan perekonomian. Pondok Pesantren As-Salam Kabupaten Bogor adalah salah satu diantara banyak pondok pesantren yang memiliki perhatian di bidang ekonomi. Di pesantren ini ada program kewirausahaan yang melatih para santri agar menjadi kader santri yang mandiri di dunia kewirausahaan.​​​Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dari segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan dalam meningkatkan program kewisausahaan santri di Pondok Pesantren As-Salam Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan tentang implementasi manajemen pondok pesantren pada program kewirausahaan santri. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif. Data yang diperoleh melalui observasi secara langsung, wawancara kepada pihak-pihak pengelola dan santri Pondok Pesantren As-Salam Kabupaten Bogor.​​​​​​Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan kegiatan program kewirausahaan santri di Pesantren As-Salam sangat berpengaruh pada berjalannya proses kegiatan tersebut karna upaya dalam pengembangan program kewirausahaan maka aspek perencanaan ini berjalan dengan baik, pada proses perencanaannya dilakukan musyawarah atau rapat oleh para pengurus dan juga pimpinan pondok pesantren untuk menyusun program yang sesuai dengan kondisi dan fasilitas yang ada sehingga terciptalah kewirausahaan tanaman hidroponik. Pengorganisasian yang dilakukan Pondok Pesantren As-Salam Bogor pada program kewirausahaan santri terbilang baik dan berhasil dengan membagi kelompok dan diberikan tugas masing-masing kelompok yang nantinya akan di atur oleh pengurus agar semua santri bisa mengerti seluruh proses pertanian hidroponik, juga agar santri bisa bertanggung jawab atas apa yang sudah diperintahkan oleh pengurus. Pengaktualisasian yang dilakukan pengurus meliputi pengarahan atau penggerakkan kepada para santri oleh pimpinan dan pengurus pondok pesantren agar dapat melaksanakan program kegiatan dengan sadar dan rasa penuh tanggung jawab tanpa adanya paksaan dan ikhlas untuk kesuksesan berjalannya program kewirausahaan santri. Pengawasan yang dilakukan berjalan dengan yang sudah direncanakan, pimpinan dan para pengurus memantau langsung agar para santri bisa fokus dan paham dengan apa yang harus dikerjakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pondok Pesantren; Kewirausahaan
Subjects: Production, Industrial Economics > Entrepreneurs
Farm, Farming > Organization and Management of Agriculture
General Management > Personnel Management
General Management > Management of Production
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhamad Dikky Al-bayan
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:38
Last Modified: 26 Jul 2023 04:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72435

Actions (login required)

View Item View Item