Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa melalui model pembelajaran Duality, Necessity & Repeated Reasoning (DNR) berbantuan Symbolab

Wulan, Sekar Purnami (2023) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa melalui model pembelajaran Duality, Necessity & Repeated Reasoning (DNR) berbantuan Symbolab. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (708kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa merupakan kemampuan untuk memahami suatu masalah, merencanakan sebuah strategi serta urutan pemecahan masalah, memeriksa kebenaran jawaban siswa serta menulis penyelesaian akhir sesuai dengan soal yang diberikan. Pada kenyataan di lapangan terdapat beberapa penemuan yang menunjukkan belum memadainya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tujuan penelitian ini meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa melalui model pembelajaran Duality, Necessity & Repeated Reasoning berbantuan Symbolab. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 2 Ciparay. Metode penelitian yang dipilih yaitu kuasi eksperimen. Sampel penelitian yaitu kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes dan non tes. Hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Keterlaksanaan proses pembelaharan guru dan siswa menggunakan model pembelajaran DNR berbantuan Symbolab berada pada kategori baik sekali; 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran DNR berbantuan symbolab lebih baik secara signifikan daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; 3) Disposisi matematis siswa umumnya memberikan sikap positif setelah menggunakan model pembelajaran DNR berbantuan Symbolab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Disposisi Matematis; Duality Necessity & Repeated Reasoning; Symbolab
Subjects: Education, Research
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Sekar Purnami Wulan
Date Deposited: 26 Jul 2023 05:24
Last Modified: 26 Jul 2023 05:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72444

Actions (login required)

View Item View Item