Penerapan sistem Insentif untuk Driver pada perusahaan Gojek ditinjau dari perspektif Fiqh Muamalah : Studi kasus Driver Gojek Kota Bandung

Abdilla, Deva Yuliana (2023) Penerapan sistem Insentif untuk Driver pada perusahaan Gojek ditinjau dari perspektif Fiqh Muamalah : Studi kasus Driver Gojek Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini memudahkan aktivitas kehidupan manusia, salah satu contoh adalah dibidang transportasi yaitu adanya transportasi online. Gojek merupakan transportasi online yang sudah berkembang pesat saat ini dan mempunyai mitra driver sebagai penggerak dilapanggan sebagai pekerja. Perusahaan Gojek melakukan kerjasama dengan driver sebagai mitra dengan proporsi bagi hasil sebesar 80% untuk driver dan 20% untuk perusahaan. Selain itu, perusahaan Gojek juga memberikan insentif untuk para driver. Insentif adalah bonus yang diberikan apabila driver mampu mencapai target yang diberikan. Praktik ini dalam fiqh muamalah dikenal dengan akad ju’alah, merupakan imbalan atas pencapaian suatu pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai pelaksanaan sistem insentif untuk driver Gojek kota Bandung dan mengetahui perspektif Fiqh Muamalah dalam praktik pemberian insentif untuk driver Gojek tersebut. Metode dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif yang bertitik fokus pada mengamati sesuatu mengenai kondisi, fenomena, dan situasi tentang sistem pemberian insentif pada driver Gojek, dengan menggunakan pendekatan kualitatif, bertitik fokus pada data dan fakta yang didapat yang kemudian dikembangkan. Penelitian kualitatif digunakan untuk mencari jawaban atas masalah yang belum jelas. Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh dari tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan para driver Gojek kota Bandung, sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai literatur kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem insentif untuk driver Gojek kota Bandung ini sudah sesuai dengan konsep akad ju’alah dalam fiqh muamalah, baik ditinjau dari syarat, rukun maupun prinsip dalam melakukan akad ju’alah. Akan tetapi dalam salah satu program yang diterapkan Gojek mengenai pemberian insentif, yaitu program pendapatan minimum ada beberapa hal yang belum terpenuhi yaitu perbedaan proporsional dan adanya kurang adil serta adanya yg merasa dirugikan dalam program tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gojek; Insentif; Akad Ju’alah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Perjanjian dalam Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Deva Yuliana Abdilla
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:01
Last Modified: 27 Jul 2023 01:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72485

Actions (login required)

View Item View Item