Studi teoritis adsorpsi Metil Hijau pada Boron Carbon Oxynitride (BCNO) Doping nNatrium, Magnesium, dan Kalium dengan metode Density Functional Theory (DFT)

Hidayat, Erlan Fadhlan (2023) Studi teoritis adsorpsi Metil Hijau pada Boron Carbon Oxynitride (BCNO) Doping nNatrium, Magnesium, dan Kalium dengan metode Density Functional Theory (DFT). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)

Abstract

Air merupakan komponen yang penting bagi kehidupan. Salah satu hal yang menjadi perhatian adalah pencemaran air yang disebabkan oleh aktivitas industri tekstil pada proses pewarnaan. Pewarna tekstil yang digunakan salah satunya adalah metil hijau, dimana permasalahannya yakni sulit didegradasi secara alami dan bersifat toksik bagi lingkungan. Material BCNO muncul sebagai material yang diprediksi menjadi adsorben yang menjanjikan bagi zat warna dimana memiliki kelebihan mudah disintesis, ramah lingkungan, dan biaya rendah. Penambahan dopan Na, Mg, dan K pada material adsorben terbukti mampu meningkatkan kinerja adsorpsi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mempelajari kinerja BCNO dan BCNO yang didoping logam Na, Mg, dan K terhadap adsorpsi metil hijau serta mengetahui karakteristik interaksi adsorpsi melalui studi komputasi. Metode analisis didasarkan pada metode density functional theory, dimana analisis juga memuat tentang time-dependent density functional theory, natural bond orbital, dan quantum theory of atom in molecules. Dari hasil analisis, penambahan doping terhadap nanosheet BCNO dapat menurunkan celah pita sehingga meningkatkan kereaktifan. Analisis selanjutnya bahwa energi adsorpsi pada fasa gas untuk sistem BCNO sebesar -159,57 kJ/mol, dengan penambahan doping Na dan K mampu meningkatkan kinerja adsorpsi dengan berturut – turut sebesar -476,09 kJ/mol dan -432,95 kJ/mol, sedangkan penambahan logam Mg menurunkan kinerja adsorpsi menjadi sebesar -137,96 kJ/mol. Sedangkan pada fasa pelarut air, sistem BCNO murni memiliki nilai energi adsorpsi sebesar -113,95 kJ/mol. Penambahan doping logam Na, Mg, dan K dapat meningkatkan kinerja adsorpsi dengan berturut – turut sebesar -373,61 kJ/mol, -243,65 kJ/mol, dan -357,07 kJ/mol. Hasil analisis natural bond orbital (NBO) dalam kedua fasa BCNO tersebut menunjukkan terjadinya perubahan spesi antara donor dan akseptor sehingga energi ikatannya mengalami perubahan. Hasil analisis quantum theory of atoms in molecules (QTAIM) menunjukkan secara umum bahwa interaksi adsorpsi yang terjadi adalah interaksi lemah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: density functional theory; metil hijau; BCNO; doping; kimia komputasi; kuantum; level teori
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Inorganic Chemistry
Ecology > Environmental Chemistry
Lumber Technology > Structure, Chemical Properties, Types
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Erlan Fadhlan Hidayat
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:15
Last Modified: 28 Jul 2023 02:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72501

Actions (login required)

View Item View Item