Konseling individu dengan pendekatan Islami untuk mengurangi perilaku membolos pada peserta didik SMPN 2 Tanjungsari Sumedang

Shadida, Balqis Regia (2023) Konseling individu dengan pendekatan Islami untuk mengurangi perilaku membolos pada peserta didik SMPN 2 Tanjungsari Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy

Abstract

Balqis Regia Shadida: Konseling Individu Dengan Pendekatan Islami Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Pada Peserta Didik Di SMPN 2 Tanjungsari Sumedang. Perilaku membolos yang timbul pada diri peserta didik disebabkan oleh banyak yang berasal dari faktor internal dan eksternal. Hal ini menyebabkan guru Bimbingan Konseling (BK) di SMPN 2 Tanjungsari harus dapat mendeteksi sedini mungkin dan menangani perilaku membolos dengan metode yang tepat. Tujuan penelitian untuk mengetahui pendekatan islami dalam konseling individu. Mengetahui proses konseling individu dengan pendekatan islami. Mengetahui hasil dari pelaksanaan konseling individu dengan pendekatan islami yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling untuk meningkatkan kehadiran peserta didik dalam mengikuti pelajaran di kelas di SMPN 2 Tanjungsari. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan kondisi nyata perilaku membolos dan menggambarkan kesimpulan secara umum. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada subjek penelitian, yaitu guru BK dan peserta didik. Respon peserta didik yang telah mendapatkan konseling individu umumnya dapat menyadari perilaku menyimpang yang negatif dan kembali bersekolah dengan rajin. Namun tidak semua upaya ini membuahkan hasil, karena perilaku menyimpang negatif ini sudah sangat menyimpang dan diikuti oleh perilaku buruk lainnya. Guru BK SMPN 2 Tanjungsari berupaya sedini mungkin untuk mengidentifikasi dan menangani perilaku membolos ini agar dapat dengan mudah mengembalikan motivasi belajar peserta didik dan perilaku sesuai harapan orang tua, guru dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu dengan Pendekatan Islami; Perilaku Membolos
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: BALQIS REGIA SHADIDA
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:49
Last Modified: 28 Jul 2023 01:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72505

Actions (login required)

View Item View Item