Masropah, Irma (2023) Penerapan metode Sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada pembelajaran Tematik siswa kelas IV MI Al-Misbah Kota Bandung: Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Al-Misbah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (140kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran masih tergolong kurang, hal tersebut ditunjukkan dengan rata-rata nilai keterampilan berbicara siswa pada pra tindakan yaitu 55,41 dengan persentase ketuntasan klasikal 43,34% (13 siswa) dan 17 siswa lainnya belum mencapai KKM. Rendahnya nilai keterampilan berbicara siswa disebabkan karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, sehingga siswa kurang percaya diri berbicara di depan kelas, malu-malu dalam mengungkapkan pendapat maupun bertanya, serta kesulitan dalam mengemukakan ide, pikiran, dan gagasan karena minimnya kosakata yang dikuasai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berbicara sebelum menggunakan metode sosiodrama, proses pembelajaran menggunakan metode sosiodrama, dan peningkatan keterampilan berbicara sesudah menggunakan metode sosiodrama. Jenis penelitian yang dgunakan yaitu Penelitian Tindakan kelas (PTK). Desain PTK yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC Taggart yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, unjuk kerja, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al-Misbah Kota Bandung yang terdiri dari 30 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari jumlah 30 siswa terdapat 17 siswa yang tuntas mencapai KKM dengan nilai rata-rata 69,17 dan berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II terdapat 26 siswa yang tuntas mencapai KKM dengan nilai rata-rata 81,06 dan berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode sosiodrama dalam keterampilan berbicara siswa Kelas IV MI Al-Misbah Kota Bandung mengalami peningkatan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berbicara; Keterampilan; Metode; Pembelajaran; Sosiodrama |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Irma Masropah |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 05:54 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 05:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72581 |
Actions (login required)
View Item |