Penerapan metode Sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada pembelajaran Tematik siswa kelas IV MI Al-Misbah Kota Bandung: Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Al-Misbah Kota Bandung

Masropah, Irma (2023) Penerapan metode Sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada pembelajaran Tematik siswa kelas IV MI Al-Misbah Kota Bandung: Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Al-Misbah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran masih tergolong kurang, hal tersebut ditunjukkan dengan rata-rata nilai keterampilan berbicara siswa pada pra tindakan yaitu 55,41 dengan persentase ketuntasan klasikal 43,34% (13 siswa) dan 17 siswa lainnya belum mencapai KKM. Rendahnya nilai keterampilan berbicara siswa disebabkan karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, sehingga siswa kurang percaya diri berbicara di depan kelas, malu-malu dalam mengungkapkan pendapat maupun bertanya, serta kesulitan dalam mengemukakan ide, pikiran, dan gagasan karena minimnya kosakata yang dikuasai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berbicara sebelum menggunakan metode sosiodrama, proses pembelajaran menggunakan metode sosiodrama, dan peningkatan keterampilan berbicara sesudah menggunakan metode sosiodrama. Jenis penelitian yang dgunakan yaitu Penelitian Tindakan kelas (PTK). Desain PTK yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC Taggart yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, unjuk kerja, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al-Misbah Kota Bandung yang terdiri dari 30 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari jumlah 30 siswa terdapat 17 siswa yang tuntas mencapai KKM dengan nilai rata-rata 69,17 dan berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II terdapat 26 siswa yang tuntas mencapai KKM dengan nilai rata-rata 81,06 dan berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode sosiodrama dalam keterampilan berbicara siswa Kelas IV MI Al-Misbah Kota Bandung mengalami peningkatan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berbicara; Keterampilan; Metode; Pembelajaran; Sosiodrama
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Irma Masropah
Date Deposited: 27 Jul 2023 05:54
Last Modified: 27 Jul 2023 05:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72581

Actions (login required)

View Item View Item