Layanan bimbingan karir untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir pada siswa kelas XII : Penelitian di SMK Pasundan 2 Banjaran Kabupaten Bandung

Astuti, Puji Rahmi (2023) Layanan bimbingan karir untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir pada siswa kelas XII : Penelitian di SMK Pasundan 2 Banjaran Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (836kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan karir di SMK Pasundan 2 Banjaran menghadapi problematika dalam perencanaan karir pada siswa. Kemampuan perencanaan karir siswa masih sangat rendah. Sebagian siswa masih bingung untuk membuat perencanaan karir. Orientasi siswa di SMK Pasundan 2 Banjaran mengenai karir itu adalah bekerja. Selain itu, konteks bekerjanya tidak luas, mereka belum mengenal bidang karir secara lebih luas lagi. Kebanyakan dari siswa ketika lulus nanti dari SMK hanya ingin bekerja di bengkel dan pabrik saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan perencanaan karir siswa kelas XII di SMK Pasundan 2 Banjaran, untuk mengetahui program bimbingan karir dalam meningkatkan perencanaan karir siswa kelas XII di SMK Pasundan Banjaran, untuk mengetahui hasil dari layanan bimbingan karir pada siswa kelas XII di SMK Pasundan 2 Banjaran. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran dan mendeskripsikanterhadap secara sistematis atau aktual dari hasil data yang diperoleh di lapangan, yaitu mengenai layanan bimbingan karir untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa kelas XII di SMK Pasundan 2 Banjaran. Penelitian ini didasarkan pada teori layanan bimbingan karir dan teori perencanaan karir yang diberikan pada siswa berupa langkah-langkah dalam merencanakan karir dan pertimbangan dalam merencanakan karir untuk dapat membantu siswa yang kesulitan dalam membuat perencanaan karirnya. Seperti siswa yang masih bingung dalam melanjutkan karirnya ketika sudah lulus nanti, belum matangnya persiapan siswa dalam merencanakan karirnya, serta minimnya pengetahuan mengenai bidang karir. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat perubahan yang cukup signifikan dari siswa kelas XII, perubahannya yaitu mengalami peningkatan kemampuan perencanaan karir, siswa yang sebelumnya belum mengetahui akan melanjutkan karirnya dalam bidang apa menjadi mengetahui setelah lulus nanti ia akan bekerja di perusahaan yang sesuai dengan jurusan yang diampunya, siswa yang hanya mengetahui bekerja itu hanya di bengkel dan pabrik saja menjadi tahu bahwa bidang karir itu luas, serta siswa yang belum mempersiapkan untuk melanjutkan karirnya menjadi mempersiapakan perencanaan karir yang matang. Dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan karir dapat meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa kelas XII di SMK Pasundan 2 Banjaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Karir; Kemampuan Perencanaan Karir;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: PUJI RAHMI ASTUTI
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:51
Last Modified: 27 Jul 2023 03:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72599

Actions (login required)

View Item View Item