Penerapan pembelajaran pendekatan Saintifik dengan pemberian Reward Bintang dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam : Penelitian tindakan kelas di kelas III MI Muhammadiyah 2 Sumbersari, Desa Sumbersari, Kecamatan Ciparay

Triapriliawati, Meri (2023) Penerapan pembelajaran pendekatan Saintifik dengan pemberian Reward Bintang dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam : Penelitian tindakan kelas di kelas III MI Muhammadiyah 2 Sumbersari, Desa Sumbersari, Kecamatan Ciparay. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (1).pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (1).pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4-bab1.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_bab4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab5 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_daftarpustaka (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik kelas III MI Muhammadiyah 2 Sumbersari yang sebagian besar memiliki minat belajar yang kurang, dibuktikan dengan wawancara tidak terstruktur bersama guru SKI dan angket pratindakan yang menghasilkan 6 dari 17 responden kelas III MI Muhammadiyah 2 Sumbersari memiliki rata-rata (%) 31-50 dengan kategori “kurang berminat” dan lainnya “cukup berminat” terhadap mata pelajaran SKI. Hal ini ditandai rasa mengantuk, kurang keterlibatan dalam pembelajaran, serta kurangnya respons belajar dari beberapa peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Minat belajar siswa sebelum diterapkannya pembelajaran pendekatan saintifik dengan pemberian reward bintang. 2) Proses pembelajaran pendekatan saintifik dengan pemberian reward bintang pada setiap siklusnya. 3) Minat belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran pendekatan saintifik dengan pemberian reward bintang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan penelitian campuran yaitu kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terbagai menjadi dua jenis yaitu teknik analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Kedua teknik analisis data kuantitatif meliputi analisis data lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta analisis data angket minat belajar pada setiap siklusnya. Hasil penelitian diperoleh: 1) Minat belajar siswa pada prasiklus atau tahap sebelum penerapan pembelajaran pendekatan saintifik dengan pemberian reward bintang pada pembelajaran SKI kelas III MI Muhammadiyah 2 Sumbersari memperoleh skor rata-rata (%) 28 dengan kategori kurang berminat. 2) Proses pembelajaran dengan menggunakan penerapan pembelajaran pendekatan saintifik dengan pemberian reward bintang memperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I 65% dengan kategori baik, kemudian aktivitas siswa pada siklus II menjadi 82% dengan kategori baik. Sedangkan untuk aktivitas guru pada siklus I 74% dengan kategori baik, dan aktivitas guru pada siklus II 97% dengan kategori sangat baik. 3) Minat belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran pendekatan saintifik dengan pemberian reward bintang mengalami suatu peningkatan pada setiap siklusnya memperoleh skor rata (%) minat belajar siswa 28 pada prasiklus kategori kurang berminat, 34 dan 37 pada siklus I kategori cukup berminat, 44 dan 46 pada siklus II kategori berminat. Selain itu dibuktikan oleh perhitungan n-gine peningkatan minat belajar yang memperoleh hasil skor peningkatan 0,3 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan; Saintifik; Reward; Minat Belajar
Subjects: Islam
Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Meri Triapriliawati Meri Triapriliawati
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:06
Last Modified: 27 Jul 2023 06:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72612

Actions (login required)

View Item View Item