Dakwah dalam pendekatan Mujadalah : Analisis deskriptif teknik debat Ustad Muhammad Idrus Ramli pada akun Youtube "Muhammad Idrus Ramli

Shabiyya, Maryam Al Hukmah (2023) Dakwah dalam pendekatan Mujadalah : Analisis deskriptif teknik debat Ustad Muhammad Idrus Ramli pada akun Youtube "Muhammad Idrus Ramli. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy

Abstract

Teknik debat merupakan salah satu metode dakwah yang jarang digunakan oleh kebanyakan mubaligh, hal ini juga didasari oleh penggunaannya yang cukup sulit serta beresiko memunculkan perselisihan antara kedua pihak jika tidak dilakukan dengan cara yang benar. Walaupun tidak banyak yang menggunakan metode ini, faktanya berdakwah dengan debat dapat lebih mempengaruhi jamaah, sebab dalam berdebat harus mengedepankan unsur logis yang dapat diterima oleh akal pikiran. Dalam dakwah sendiri, Teknik debat disebut dengan mujadalah. Namun pada penelitian kali ini, peneliti lebih memfokuskan pada teknik debat dalam lingkup kajian retorika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik mujadalah Ustad Muhammad Idrus Ramli dalam kajian Retorika. Dalam debat terdapat beberapa jenis metode yaitu dengan metode problem solving dan metode logic. Penelitian ini menggunakan kajian teori retorika oleh Dori Wuwur Hendrikus. Menurut Hendrikus, terdapat dua jenis retorika yaitu monologika (pidato dan ceramah), kemudian retorika dialogika (diskusi, debat, dan tanya jawab). Pada penelitian ini lebih mengkaji kegiatan instrument debat dalam kegiatan mujadalah Ustad Muhammad Idrus Ramli. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengkaji akun youtube Muhammad Idrus Ramli. Secara spesifikasi, penelitian ini membahas teknik debat, maka dari itu penelitian ini lebih mengarah kepada konten-konten debat, diskusi, dan tanya jawab yang pada akun youtube Idrus Ramli. Setelah dianalisa, ditemukan penggunaan instrument-instrument debat pada pelaksanaan kegiatan mujadalah Idrus Ramli pada akun youtube beliau yang berjudul "Debat dengan Salafi Part 1 & 2" menggunakan metode problem solving dan metode logic.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Dakwah; Mujadalah; Retorika
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Maryam Al Hukmah Shabiyya
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:24
Last Modified: 27 Jul 2023 07:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72623

Actions (login required)

View Item View Item