Respons santri Pondok Pesantren Al-Mukhlishin Bogor terhadap dakwah Muhammad Abduh Tuasikal pada akun media sosial Instagram @Rumayshocom

Kholidah, Nida Khofiyya Nur (2023) Respons santri Pondok Pesantren Al-Mukhlishin Bogor terhadap dakwah Muhammad Abduh Tuasikal pada akun media sosial Instagram @Rumayshocom. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftrapustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy

Abstract

Kehadiran media khususnya media komunikasi melalui internet banyak dimanfaatkan oleh para aktivis dakwah dalam kegiata dakwahnya. Dakwah tidak hanya dilakukan secara langsung melalui mimbar, saat ini dakwah juga dilakukan di media sosial. Salah satu aktivis dakwah yang menggunakan media sosial sebagai media dakwah yaitu Muhammad Abduh Tuasikal melalui Instagram dengan akun bernama @Rumayshocom. Tampilan Instagram @Rumayshocom di design dengan menarik, selalu update dengan tema yang berbeda-beda dan rutin mengunggah dakwah berbentuk video berupa ilustrasimaupun kutipan-kutipan yang berisi pesan keagamaan yang menarik perhatian pengikutnya termasuk santri Pondok Pesantren Al-Mukhlishin Bogor, mereka senantiasa mengikuti dakwah Muhammad Abduh Tuasikal melalui Instagram @Rumayshocom. Dengan adanya dakwah Muhammad Abduh Tuasikal pada akun tersebut para santri merasa terbantu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk dakwah Muhammad Abduh Tuasikal pada akun Instagram @Rumayshocom dan respons santri Pondok Pesantren Al-Mukhlishin Bogor terhadap dakwah tersebut. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Adapun teori yang digunakan yaitu teori komunikasi respons model S-O-R yang lebih menekankan pada unsur respons yang memiliki tiga bagian yaitu kognitif, afektif dan konatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk dakwah yang digunakan Muhammad Abduh Tuasikal pada akun media sosial Instagram @Rumayshocom yaitu dakwah bil lisan yang berupa video singkat berisi ceramah dalam bentuk ilustrasi dan dakwah bil qolam yang berupa kutipan-kutipan ayat al-Qur’an, hadits, do’a-do’a yang di design menarik. Respons santri Pondok Pesantren Al- Mukhlishin Bogor terhadap dakwah Muhammad Abduh Tuasikal pada akun media sosial Instagram @Rumayshocom menunjukan respons positif dari segi kognitif yang ditunjukkan oleh santri yang memahami isi pesan dakwah dan memperoleh pengetahuan baru yang berguna dalam konteks akidah, syariat, dan akhlak, dari segi afektif ditunjukkan oleh santri yang memiliki perasaan positif seperti apresiasi, kekaguman, atau empati terhadap pesan dakwah yang disampaikan dan dari segi konatif ditunjukkan oleh santri yang cenderung untuk berperilaku sesuai dengan pesan dakwah yang disampaikan, misalnya dengan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari atau menyampaikan pesan dakwah tersebut kepada orang lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Respons Santri; Dakwah Muhammad Abduh Tuasikal; Instagram.
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nida Khofiyya Nur Kholidah
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:39
Last Modified: 28 Jul 2023 02:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72650

Actions (login required)

View Item View Item