Peranan dakwah dalam program pengajian terhadap motivasi kerja karyawan: Studi deskriptif di PT. Mouza Sinergi Indonesia

Azizah, Nisa Mulyaningtias (2023) Peranan dakwah dalam program pengajian terhadap motivasi kerja karyawan: Studi deskriptif di PT. Mouza Sinergi Indonesia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy

Abstract

Peranan dakwah merupakan ikhtiar dalam melestarikan nilai-nilai Islam dan menghasilkan perbaikan dalam akhlak serta mencegah kemungkaran. Dakwah memiliki fungsi korektif yang bertujuan untuk memperbaiki akhlak individu, mencegah tindakan-tindakan yang menyimpang dari ajaran Islam, dan membimbing manusia keluar dari kegelapan rohani menuju cahaya dan petunjuk. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dampak kegiatan dakwah, khususnya kegiatan pengajian, terhadap motivasi kerja karyawan dan pertumbuhan finansial PT. Mouza Sinergi Indonesia. Melalui studi kasus, penelitian ini ingin menggali hubungan antara kegiatan dakwah dengan peningkatan motivasi kerja karyawan dan dampaknya terhadap pertumbuhan pendapatan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan karyawan dan manajemen PT. Mouza Sinergi Indonesia, observasi langsung terhadap kegiatan dakwah, serta analisis dokumentasi terkait pertumbuhan finansial perusahaan. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa program pengajian di PT. Mouza Sinergi Indonesia memberikan empat variabel untuk meningkatkan kualitas kerja para karyawan yaitu variabel pengetahuan, keterampilan, kedisiplinan, dan kerja sama. Program ini melibatkan ustaz dan ustadzah yang memiliki kompetensi keagamaan yang baik dan dapat meningkatkan pemahaman karyawan melalui aktivitas dakwah yaitu tadarus qur’an, tausiyah, diskusi, sharing, tanya jawab, dan winning time. Efek dan pengaruh yang ditemukan dari program pengajian ini membuat para karyawan termotivasi untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan yaitu berupa omzet perusahaan yang berkembang pesat, selalu mecapai target, menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu, dapat berkomunikasi dengan baik, kerja sama tim serta keharmonisan antar karyawan. Program ini juga memberikan pengaruh besar terhadap perilaku karyawan yang sesuai dengan syariat islam seperti lancar membaca Al-qur’an, tidak meninggalkan ibadah, selalu mengadakan bantuan sosial, bertaqwa kepada Allah SWT, saling tolong menolong, dan bersikap jujur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peranan Dakwah; Program Pengajian; Motivasi Kerja
Subjects: Islam > Da'wah
Islam Umum
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nisa Mulyaningtias Azizah
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:02
Last Modified: 04 Aug 2023 08:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72654

Actions (login required)

View Item View Item