Pengorganisasian Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UID Jawa Barat dalam upaya meningkatkan efektivitas pengelolaan Lembaga Zakat

Kusuma, Silva Widya (2023) Pengorganisasian Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UID Jawa Barat dalam upaya meningkatkan efektivitas pengelolaan Lembaga Zakat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)

Abstract

Zakat Merupakan nama dari sejumlah harta yang apabila telah mencapai syarat tertentu (nisab) yang diwajibkan Allah SWT untuk dikeluarkan dan diberikan kepada yang berhak menerimanya dengan persyaratan tertentu. Zakat merupakan ibadah maaliyah ijtima’iyyah yang memiliki posisi sangat penting, strategis dan dapat menentukan baik dari sisi ajaran Islam maupun dari sisi pembangunan kesejahteraan ummat. Zakat haruslah dikelola dengan baik agar penyaluran harta zakat tersebut dapat berjalan efektif dan tepat sasaran kepada para mustahik, sehingga pengelolaan zakat yang dilakukan oleh amil sangatlah diperlukan baik dalam kegiatan pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pengumpulan zakat dari muzakki, lalu didistribusikan dan didayagunakan untuk mustahik sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang menjadi fungsi pengorganisasian yang diterapkan Yayasan Baitul Maal (YBM) UID Jawa Barat yang sesuai dengan standar operasional pada pembagian tugas dalam Upaya meningkatkan efektivitas pengelolaan Lembaga zakay serta untuk mengetahui factor yang menjadi penghambat pada fungsi pengorganisasian ada di Yayasan Baitul Maal (YBM) UID Jawa Barat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Max Weber yang mendefinisikan bahwa lembaga yang efektif dapat divapai melalui penerapan prinsip-prinsip pengorganisasian seperti pembagian kerja yang terdefinisi, aturan dan prosedur yang jelas, hierarki dan pengelompokan kerja yang tepat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung ke tempat penelitian, wawancara langsung dengan informan dan mengambil beberapa dokumentasi yang berkaitan dengan keperluan penelitian. Dan yang menjadi informan penelitian adalah pengurus dan amil zakat Yayasan Batul Maal (YBM) PLN UID Jawa Barat. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa fungsi pengorganisasian Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UID Jawa Barat telah menghasilkan berupa pembagian tugas maupun tanggung jawab, pengelompokan pekerjaan serta koordinasi yang sesuai dengan struktur yang telah ditetapkan. Dalam upaya meningkatkan efektivitas pengelolaan Lembaga zakat, YBM PLN UID Jawa Barat mengoptimalkan seluruh program-program yang telah dirancang agar bisa terealisasi dengan baik. Hal tersebut juga mestinya didukung dengan kinerja para pengurus dan amil zakat agar berjalan sesuai denga napa yang menjadi tujuan Lembaga. Namun yang terjadi dilapangan tidak berjalan dengan cukup baik, adanya tumpang tindih dan ketidaksesuaian tupoksi dalam pembagian tugas maupun tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengorganisasian; Lembaga Zakat; Efektivitas.
Subjects: Islam
Islam > Zakat
Islam > Da'wah
Athletic and Outdoor Sports > Organizations, Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Silva Widya Kusuma
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:26
Last Modified: 28 Jul 2023 01:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72700

Actions (login required)

View Item View Item