Daiyan, Akmal (2023) Sistem pelayanan digital dalam optimalisasi zakat di Badan Amil Zakat Nasional Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (220kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
Abstract
Sistem pelayanan digital menjadi hal terpenting dari sebuah Lembaga. Tentunya Baznas Kota Bandung harus memiliki pelayanan digital yang berkualitas pelayanan terhadap muzaki. Dengan menggunakan pendeketan teori dan konsep yang relevan, penelitian ini mengidentifikasi faktor yang mempengeruhi penerimaan dan penggunaan sistem pelayanan digital oleh muzaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan sistem pelayanan digital dalam optimalisasi pengumpulan dan distribusi zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bandung. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai sektor, termasuk dalam pengelolaan zakat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan sistem pelayanan digital dalam meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas dalam pengumpulan dan distribusi zakat di BAZNAS Kota Bandung. Teori yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Service Quality dan Usability and User Experience teori tersebut digunakan sebagai kerangka untuk analisis. Metode penelitian yang digunakan yaitu kombinasi antara pengumpulan data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan melalui wawancara dengan pegawai dan muzaki yang menggunakan sistem pelayanan digital, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen terkait di Baznas Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Responden dalam penelitian ini terdiri dari pengurus BAZNAS Kota Bandung, petugas pengumpul zakat, dan masyarakat yang menggunakan sistem pelayanan digital dalam membayar zakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pelayanan digital di Baznas Kota Bandung memberikan pengalaman yang baik bagi muzaki. Muzaki merasa sistem ini informatif, mudah digunakan, dan memberikan kemudahan dalam mengakses informasi dan melakukan pembayaran zakat secara online. Evalusi mengunakan teori-teori yang relevan dapat membantu mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi pelayanan digital, Baznas Kota Bandung dapat melakukan perbaikan dan peningkatan yang sesuai agar terpenuhinya kebutuhan muzaki dan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Pelayanan Digital; Optimalisasi Zakat; Baznas Kota Bandung |
Subjects: | Operations, Archieves, Information Centers > Service to Users Islam > Zakat Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Akmal Daiyan |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 01:23 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 01:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72701 |
Actions (login required)
View Item |