Produksi Gelatin kulit Ikan Patin (Pangasius sp) dengan Hidrolisis asam dan basa sebagai bahan pembuatan masker Peel Off

Muttaqin, Fitra Aqmi (2023) Produksi Gelatin kulit Ikan Patin (Pangasius sp) dengan Hidrolisis asam dan basa sebagai bahan pembuatan masker Peel Off. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)

Abstract

Gelatin merupakan salah satu zat yang diperoleh dari hidrolisis kolagen dari kulit, jaringan serat putih, dan tulang hewan seperti babi, sapi, ayam dan ikan. Bahan yang berasal dari babi haram hukumnya bagi agama Islam, kerena kehalalan suatu gelatin dipengaruhi dari bahan pembuatnya. Ikan patin (Pangasius sp) merupakan salah satu bahan alternatif yang dapat digunakan untuk pembuatan gelatin. Salah satu aplikasi gelatin adalah sebagai bahan pembuatan masker peel off. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik gelatin kulit ikan patin menggunakan hidrolisis asam dan basa, serta karakteristik dari produk gelatin kulit ikan patin pada masker wajah peel off. Pada penelitian ini, gelatin diperoleh dengan cara menghidrolisis kulit ikan patin dalam suasana asam dan basa, Hasil hidrolisis disaring dan dikeringkan. Karakterisasi dilakukan berdasarkan SNI 01-3735-1995 meliputi rendemen, uji kadar air, pH, kadar abu, kadar protein dan FTIR, untuk masker dilakukan uji pH, waktu kering, daya sebar dan uji antioksidan. Hasil penelitian menunjukan bahwa rendemen gelatin asam sebesar 3,82%, kadar air 8,16%, kadar abu 4,66%, pH 2,40 dan kadar protein sebesar 61,32 dengan penampakan gelatin berwarna coklat, amis dan tidak berasa. Rendemen gelatin basa sebesar 9,94%, kadar air 8,72%, kadar abu 2,379%, pH 6,54 dan kadar protein sebesar 82,735 dengan penampakan gelatin berwarna kuning pucat, sedikit amis dan tidak berasa. Dari hasil penelitian, hanya gelatin hidrolisis basa memenuhi kriteria SNI. Aplikasi gelatin hidrolisis basa pada masker peel off dengan ekstrak bunga rosela dihasilkan masker berwarna merah tua, berbau khas rosela dengan tekstur cair lengket, pH 5,26, waktu kering selama 15 menit 33 detik, daya sebar sebesar 5 cm dan pengujian DPPH terdapat penurunan % inhibisi dari ekstrak rosela dengan formula masker yaitu 8,9% menjadi 3,1%. Gelatin kulit ikan ini bisa menjadi alternatif bahan kosmetik halal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Asam basa; FTIR; Gelatin; Ikan Patin; Masker Peel Off
Subjects: Chemistry and Allied Science > Chemists
Food Technology > Pectin and Gelatin
Technology of Other Organic Products > Parfumes and Cosmetics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Fitra Aqmi Muttaqin
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:36
Last Modified: 28 Jul 2023 01:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72712

Actions (login required)

View Item View Item