Efektivitas penggunaan aplikasi NU online pada fitur kalam terhadap pengetahuan dakwah NU santri pondok pesantren Al-Ihsan Cibiru Hilir Bandung

Rizqiyani, Desy (2023) Efektivitas penggunaan aplikasi NU online pada fitur kalam terhadap pengetahuan dakwah NU santri pondok pesantren Al-Ihsan Cibiru Hilir Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (535kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi digital yang semakin canggih telah mempengaruhi beragam aktivitas kehidupan manusia terkhusus dalam lingkup informasi dan komunikasi. Berbagai aktivitas manusia sehari-hari senantiasa berdampingan dengan penggunaan media digital. Di antara platform media digital salah satunya yakni aplikasi mobile atau aplikasi seluler yang semakin banyak dikonsumsi oleh user (pengguna). Kehadiran platform media digital ini menjadi peran penting juga bagi aktivitas dakwah masa kini. Pemanfaatan media canggih menjadi tugas penting bagi para pelaku dakwah agar materi ajaran agama Islam dapat tersebar lebih luas lagi. Aplikasi NU Online adalah salah satu aplikasi mobile keislaman yang memiliki ragam fitur layanan ibadah di dalamnya. Adanya aplikasi NU Online yang diluncurkan oleh PBNU ini bertujuan agar masyarakat muslim dapat lebih mudah mengakses beragam kebutuhan informasi keislaman dan memberikan pengetahuan serta pengetahuan tanpa terbatas ruang, jarak dan waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan aplikasi NU Online pada fitur Kalam terhadap pengetahuan dakwah NU santri Pondok Pesantren Al-Ihsan Cibiru Hilir Bandung. Untuk mengukur efektivitas penggunaan media tersebut menurut Bruhn, M., Schoenmueller, V., Shaefer, D.B. (2012), dapat dilihat dari empat indikator, yakni daya tarik media, kejelasan media, media informasi yang lengkap dan kemudahan penggunaan media. Adapun perumusan masalah yang muncul pada penelitian ini mencakup empat indikator yang berkaitan dengan penggunaan media aplikasi NU Online pada fitur Kalam terhadap pengetahuan dakwah NU santri Ponpes Al-Ihsan Cibiru Hilir Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode eksperimen desain one group pretest-postest dengan pendekatan kuantitatif untuk mendeskripsikan adanya efektivitas atau tidak. Penelitian yang memperoleh hasil data perbandingan sebelum (pretest) dan setelah (posttest) penggunaan aplikasi NU Online pada fitur Kalam. Dan output yang dihasilkan adalah perubahan yang terjadi setelah adanya intervensi (perlakuan). Hasil penelitian ini dengan jumlah sampel 100 responden yang terdiri dari santri Ponpes Al-Ihsan Cibiru Hilir Bandung. Analisis data yang dilakukan menggunakan program IBM SPSS versi 29. Data yang dihasilkan berdistribusi normal setelah menghapus satu data outlier (data ekstrim) dengan nilai data pretest Sig. 0,177 dan posttest dengan Sig. 0,118, maka K S > 0,05. Pada uji paired sample t-test Nilai probability yang dihasilkan sebesar 0,001 < 0,05, maka H₀ ditolak dan Hı diterima. Sehingga dapat diketahui hasil hipotesis yang diperoleh adalah adanya efektivitas penggunaan aplikasi NU Online pada fitur Kalam terhadap pengetahuan dakwah NU santri Pondok Pesantren Al-Ihsan Cibiru Hilir Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Aplikasi NU Online; Pengetahuan; Santri
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Desy Rizqiyani
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:49
Last Modified: 28 Jul 2023 03:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72739

Actions (login required)

View Item View Item