Nurjanah, Anisa (2023) Penerapan strategi Know Want to Know Learn untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di MI Al-Huda. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (161kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya temuan masalah yang terdapat pada pembelajaran IPS di kelas IV MI Al-Huda Kabupaten Bandung bahwa pemahaman siswa masih kurang. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat pada guru. Dalam pembelajaran banyak siswa yang tidak memperhatikan guru ketika guru sedang menjelaskan, karena guru yang lebih aktif dibandingkan siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui (1) Pemahaman siswa pada pembelajaran IPS sebelum menggunakan strategi pembelajaran know want to know learn. (2) Proses pembelajaran dengan menerapkan strategi know want to know learn pada mata pelajaran IPS di kelas IV pada setiap siklus. (3) Pemahaman siswa pada pembelajaran IPS sesudah menerapkan strategi pembelajaran know want to know learn pada setiap siklus. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan secara berulang yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi dan perencanaan ulang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP dan lembar observasi. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes pemahaman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa sebelum menggunakan strategi know want to know learn masih kurang dengan nilai rata-rata sebesar 60. Proses pembelajaran IPS dengan menggunakan strategi know want to know learn meningkat setiap siklusnya, dengan hasil siklus I aktivitas guru sebesar 71,5%, siklus II sebesar 89%. Aktivitas siswa siklus I sebesar 72% dan siklus II sebesar 92%. Pemahaman siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV MI L-Huda Kabupaten Bandung pada setiap siklusnya menunjukkan peningkatan. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 72 dan siklus II diperoleh nilai rata-rata 81.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman; Pembelajaran; Know Want to Know Learn |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Anisa Nurjanah |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 02:13 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 02:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72750 |
Actions (login required)
View Item |