Ilustrasi pada sampul majalah digital Tempo : Analisis semiotika Ferdinand De Saussure pada edisi 08 januari 2023 dengan judul “Debus Omnibus”

Fauziah, Safira (2023) Ilustrasi pada sampul majalah digital Tempo : Analisis semiotika Ferdinand De Saussure pada edisi 08 januari 2023 dengan judul “Debus Omnibus”. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (975kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Majalah merupakan salah satu sarana penyebaran informasi yang menjangkau target pembaca yang tersegmentasi di Indonesia. Sampul majalah merupakan gerbang awal sebuah media untuk menarik minat pembacanya, setiap media memiliki keunikan dan karakter tersendiri untuk menentukan gaya sampul majalah secara konseptual dan teknis. Gagasan pada penelitian ini akan berfokus pada sampul majalah digital TEMPO edisi 8 Januari 2023 dengan judul “Debus Omnibus”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, apa saja tanda yang terdapat pada ilustrasi sampul majalah digital TEMPO edisi 8 Januari 2023 dengan judul “Debus Omnibus” berserta dengan penanda dan petanda yang terkandung didalamnya. Sehingga dapat diketahui makna tersirat dari ilustrator yang dapat direpresentasikan oleh setiap pembacanya. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Ferdinand De Saussure dengan teorinya yang menegaskan bahwa sistem tanda terdiri dari dua elemen pembentuk, yaitu penanda (signifier) dan petanda (signified).Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan paradigma kontruktivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi observasi, studi pustaka dan analisis untuk menjelaskan proses penelitian sampai diketahui tanda, penanda dan petanda apa saja yang terdapat pada objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanda pada ilustrasi di sampul majalah digital TEMPO edisi 8 Januari 2023 dengan judul “Debus Omnibus” terdapat 6 klasifikasi tanda yang didalamnya terdapat penanda (signifier) dan petanda (signified) yang memiliki representasi masing-masing. Tanda-tanda didalamnya membahas isu mengenai pemerintah yang menerbitkan peraturan pengganti, alih-alih mematuhi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) untuk memperbaiki Undang-Undang (UU) Cipta Keja. Dengan diterbitkanya Peraturan Pemerintah Pengganti UU (Perpu) Cipta Kerja akan membangkitkan kembali Omnibus Law yang inkonstitusional, yang sebelumnya diminta oleh MK untuk direvisi kembali karena dalam prosesnya tidak melibatkan suara rakyat. Dampak dari keputusan ini adalah rakyat yang akan sangat mungkin untuk dirugikan, seperti hilangnya perlindungan lingkungan, nasib buruh, sampai dengan kebebasan berpendapat.Dengan ilustrasi ini Tempo sudah mampu untuk merealisasikan visi dan misi mereka sebagai media yang objektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ilustrasi; Omnibus Law; Joko Widodo; Majalah Tempo
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Safira Fauziah
Date Deposited: 03 Aug 2023 00:45
Last Modified: 03 Aug 2023 00:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72752

Actions (login required)

View Item View Item