Hubungan kualitas pelayanan administrasi Madrasah dengan kepuasan peserta didik di Madarasah Aliyah Negeri Kota Cimahi

Nuroniah, Lilis Karomah (2023) Hubungan kualitas pelayanan administrasi Madrasah dengan kepuasan peserta didik di Madarasah Aliyah Negeri Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy

Abstract

Madrasah merupakan lembaga pendidikan Islam yang memberikan layanan pendidikan dan diharapkan mampu menciptakan individu yang berkualitas di masa yang akan datang. Oleh karena itu, madrasah dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas seluruh komponen yang ada di madrasah, salah satunya adalah pelayanan administrasi yang mencakup seluruh operasional sekolah. Sebagai penyedia layanan, madrasah dituntut untuk memenuhi kebutuhan siswa dengan selalu memperhatikan peningkatan kualitas layanan dan kepuasan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) kualitas pelayanan administrasi madrasah; 2) kepuasan peserta didik dalam Pelayanan Administrasi madrasah; 3) tingkat hubungan kualitas pelayanan administrasi madarasah dengan kepuasan siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kota Cimahi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode Ex post facto. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket/kuesioner, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), analisis deskriptif, uji asumsi klasik (normalitas dan linieritas), uji hipotesis (Uji regresi linier sederhana, uji t-test, koefisien determinasi (R2)). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Dari hasil perhitungan kualitas pelayanan administrasi madrasah (variabel X) yang diberikan oleh responden secara keseluruhan memperoleh hasil dengan rata-rata sebesar 3,24. Nilai tersebut termasuk dalam kategori “Sedang” karena berada pada interval 2,60 – 3,39; 2) Dari hasil perhitungan kepuasan peserta didik (variabel Y) yang diberikan oleh responden secara keseluruhan memperoleh hasil dengan rata-rata sebesar 3,05. Nilai tersebut termasuk dalam kategori “Sedang” karena berada pada interval 2,60 – 3,39; 3) Kualitas pelayanan Administrasi Madrasah berpengaruh signifikan terhadap kepuasan peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Kota Cimahi, dikarenakan memiliki nilai sebesar 0,653 dengan sig. 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa arah hubungan antara variabel kualitas pelayanan administrasi sekolah (X) dan kepuasan peserta didik (Y) adalah searah, dimana setiap peningkatan pada setiap unit variabel kualitas pelayanan administrasi sekolah (X) akan meningkatkan kepuasan peserta didik (Y) sebesar 0,653. Selain itu, dilihat dari hasil perhitungan uji koefisien determinasi dari penelitian ini sebesar 42,7% dan selebih nya 57,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak menjadi objek pengamatan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kualitas; Pelayanan; Administrasi Madrasah; Kepuasan Peserta Didik
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Biography, Obituary > Education and Research of Biography
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Lilis Karomah
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:24
Last Modified: 02 Aug 2023 02:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72780

Actions (login required)

View Item View Item