Penerapan strategi pembelajaran True or False untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Tematik kelas III di Madrasah Ibtidaiyah: Penelitian tindakan kelas di MIS Muhammadiyah Babakanloa Sumedang

Rodiani, Ani (2023) Penerapan strategi pembelajaran True or False untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Tematik kelas III di Madrasah Ibtidaiyah: Penelitian tindakan kelas di MIS Muhammadiyah Babakanloa Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan peneliti pada saat studi pendahuluan di MIS Muhammadiyah Babakanloa Sumedang. Salah satu permasalahan yang ditemui peneliti yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Tematik yang terjadi karena tidak adanya aktivitas pembelajaran yang dapat mendorong siswa agar terlibat dalam berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum menggunakan strategi True or False pada pembelajaran Tematik di kelas III. 2) Mendeskripsikan penerapan strategi True or False dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Tematik di kelas III, dan 3) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya strategi pembelajaran True or False pada pembelajaran Tematik di kelas III. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus dengan 2 tindakan dalam setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan di MIS Muhammadiyah Babakanloa Sumedang pada pembelajaran Tematik kelas III, dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes uraian dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kritis siswa sebelum menggunakan strategi pembelajaran True or False masih rendah, dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 53.10 (kurang) dan hanya 3 orang siswa saja yang mendapatkan nilai tuntas. Aktivitas pembelajaran sebelum menggunakan strategi pembelajaran True or False juga kurang memuaskan. Sehingga peneliti memutuskan untuk menerapkan strategi pembelajaran True or False dengan tujuan agar kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan. 2) Penerapan strategi pembelajaran True or False dalam pembelajaran Tematik terlaksana dengan baik. Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran dengan baik dari siklus ke siklus, dan siswa melaksanakan aktivitas pembelajaran dengan aktif seperti siswa aktif menjawab pertanyaan, bertanya, mengomunikasikan hasil kerjanya, dan Menanggapi presentasi temannya. 3) Kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran True or False mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada tahap pra siklus sebesar 53.10 (kurang) mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 61.67 (cukup), dan pada siklus II nilai rata-rata yang didapatkan ke,bali mengalami peningkatan dengan rata-rata yang diperoleh sebesar 73.10 (Baik). Maka dapat disimpulkan bahwasanya dengan menggunakan strategi pembelajaran True or False kemampuan berpikir kritis siswa kelas III pada pembelajaran Tematik mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis; Pembelajaran; True or False
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ani Rodiani
Date Deposited: 08 Aug 2023 00:36
Last Modified: 08 Aug 2023 00:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72787

Actions (login required)

View Item View Item