Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Penelitian quasi eksperimen di SMK Ma’arif Terpadu Cicalengka)

Aisyah, Sinta Dewi (2022) Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Penelitian quasi eksperimen di SMK Ma’arif Terpadu Cicalengka). Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstract

Dalam proses pembelajaran telah diupayakan pembelajaran agar siswa mendapatkan materi ajar maksimal dengan metode yang digunakan diskusi, demonstrasi, dan tanya jawab melalui model project based learning (PBL). Namun pada kenyataannya, dalam proses pembelajaran hasilnya belum dapat memenuhi motivasi belajar dan hasil belajar kognitif yang diharapkan. Di antaranya siswa masih banyak yang tidak bisa fokus pada pelajaran dan nilai di bawah kriteria belajar minimum (KBM). Dengan demikian perlu inovasi yang dapat mempengaruhi motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model blended learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi: a) Penerapan blended learning pada mata pelajaran PAI di SMK Ma’arif Terpadu Cicalengka, b) Perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan blended learning dengan model PBL pada mata pelajaran PAI di SMK Ma’arif Terpadu Cicalengka, c) Perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan blended learning dengan model PBL pada mata pelajaran PAI di SMK Ma’arif Terpadu Cicalengka, d) Respon siswa terhadap blended learning pada mata pelajaran PAI di SMK Ma’arif Terpadu Cicalengka. Penelitian ini berdasarkan pada teori bahwa salah satu faktor yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan mengombinasikan pembelajaran tradisional dan elektronik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendeketan quasi eksperimen, rancangan penelitian yang digunakan adalah the non-equivakent group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa, 1) penerapan model blended learning pada mata pelajaran PAI di kelas eksperimen dan penerapan model PBL di kelas kontrol dilakukan dengan cukup baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, 2) perbedaan motivasi belajar siswa kelas eksperimen menggunakan model blended learning memperoleh skor 88,67% (sangat tinggi). Sedangkan di kelas kontrol menggunakan model PBL memperoleh skor 64,67% (sedang), artinya model blended learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa 3) perbedaan hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen menggunakan blended learning memperoleh nilai 89,05 (sangat baik), sedangkan hasil belajar kognitif siswa kelas kontrol menggunakan model PBL memperoleh nilai 65,97 (cukup), artinya model blended learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan 4) respon siswa terhadap blended learning dinyatakan bahwa skor rata-rata angket sebesar 83,08 dengan kategori tinggi, artinya model blended learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning; Motivasi Belajar; Hasil Belajar Kognitif Siswa; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sinta Dewi Aisyah
Date Deposited: 01 Aug 2023 07:20
Last Modified: 01 Aug 2023 07:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72814

Actions (login required)

View Item View Item