Pengaruh Gross Profit Margin (GPM) dan Return On Equity (ROE) terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di pt. Astra agro lestari tbk. periode 2013-2022

Nurrida, Rina (2023) Pengaruh Gross Profit Margin (GPM) dan Return On Equity (ROE) terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di pt. Astra agro lestari tbk. periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian berupa permasalahan Gap Research serta terjadinya fenomena gap terhadap Gross Profit Margin (GPM) dan Return On Equity (ROE) terhadap harga Saham. Gross Profit margin (GPM) profitabilitas yang di gunakan untuk mengukur sejauh mana kemampuan perusahaan dalam mengendalikan biaya persediaan atau biaya operasional barang dan untuk meneruskan kenaikan harga melalui penjualan. Faktor yang dapat mempengaruhi Harga Saham adalah Gross Profit Margin (GPM) dan Return On Equity (ROE). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh Gross Profit Margin (GPM) dan Return On Equity (ROE) baik secara parsial dan simultan terhadap harga saham pada Perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk. dan koponen yang terdaftar di BEI pada periode 2013-2022. Kerangka berfikir dalam penelitian ini menggambarkan keadaan saling mempengaruhi antara variabel Gross Profit Margin (GPM) dan Return On Equity (ROE) terhadap harga Saham. Apabila Gross Profit Margin (GPM) dan Return On Equity (ROE) mengalami keniakan maka Harga saham juga akan mengalami kenaikan. Namun harga saham juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijadikan variabel dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan statistik untuk menguji hipotesis yaitu analiais asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis regresi linier, analiais korelasi, anaslisis koefisisen determinasi serta uji hipotesis yaitu uji t dan uji f. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yaitu dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan oleh PT Astra Agro Lestari Tbk. Periode 2013-2022. Proses olah data dibantu dengan sofwere SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Gross Profit Margin (GPM) berpengaruh posistif dan signifikan terhadap harga saham dengan hasil thitung>ttabel (3,650>2,306) dengan signifikansi 0,006<0,05 serta nilai koefisien determinasi sebesar 62,5%. Sedangkan secara parsial Return On Equity (ROE) berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham dengan hasil thitung>ttabel (3,052>2,306) dengan signifikansi 0,016<0,05 serta nilai koefisien determinasi sebesar 53,8%. Kemudian secara simultan yaitu Goss Profit Margin (GPM) dan Return On Equity (ROE) secara bersama-sama berpengaruh posistif dan signifikan terhadap harga saham dengan hasil Fhitung>Ftabel (5,857>4,74) dengan signifikansi 0,032<0,05 serta nilai koefisien determinasi sebesar 62,6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gross Profit Margin (GPM); Return On Equity (ROE); Harga Saham;
Subjects: Business
Business > Data Processing and Analysis of Business
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Rina Nurrida
Date Deposited: 01 Aug 2023 00:46
Last Modified: 01 Aug 2023 00:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72829

Actions (login required)

View Item View Item